Alasan Tottenham Hotspur Resmi Pinjam Timo Werner
Striker RB Leipzig Timo Werner resmi bergabung Tottenham Hotspur sebagai pemain pinjaman (dok. Tottenham Hotspur).

Bagikan:

JAKARTA - Tottenham Hotspur lebih serius ketimbang Manchester United dalam perburuan striker Timo Werner. Tottenham meminjam penyerang RB Leipzig ini selama enam bulan ke depan. 

MU yang membidik, tetapi Tottenham justru mendapatkan Werner. Semula The Red Devils seperti tidak ada pesaing untuk meminjam eks striker Chelsea ini dari Leipzig.

Hanya saja, sebelum melakukan negosiasi, MU malah kalah cepat dengan Tottenham. Ironis karena Tottenham baru belakangan membidik Werner.

Klub London Utara ini lebih cepat dan langsung bergerak melakukan negosiasi dengan Leipzig. Proses peminjaman Tottenham pun tak menemui hambatan berarti. Semua berjalan lancar.

Tottenham meminjam Werner sampai akhir musim. Klub juga mendapat opsi mempermanenkan Werner bila Totenham puas dengan kinerjanya.

"Kami dengan senang hati mengumumkan perekrutan Timo Werner dengan meminjamnya dari RB Leipzig. Pemain Timnas Jerman ini bergabung dengan klub sampai akhir musim dan opsi merekrutnya secara permanen pada musim panas," demikian keterangan resmi dari Tottenham.

"Dia akan mengenakan jersey dengan nomor punggung 16," demikian penjelasan klub.

Sementara, Direktur Olahraga Leipzig, Mario Gomez, menuturkan bahwa peminjaman Werner menjadi win-win solution.

"Dia diuntungkan. Kami juga diuntungkan karena dia akhirnya bisa pergi dan mendapat kesempatan bermain secara reguler. Itu yang dijanjikan Tottenham kepada kami," ucap Gomez.

Semua diuntungkan karena Werner mendapat jaminan bakal masuk tim. Tottenham bisa mengatasi masalah lini depan dengan absennya kapten Song Heung-min.

Ya, Son terpaksa meninggalkan Tottenham untuk memperkuat Timnas Korea Selatan di Piala Asia 2023 selama satu bulan. Manajer Ange Postecoglou tak ingin Tottenham mengalami penurunan ketajaman karena tidak ada sang kapten.

Saat ini, Tottenham yang menduduki peringkat kelima masih bersaing ketat dengan Arsenal dan Manchester City memperebutkan tiket ke Liga Champions musim depan. Tottenham tak ingin kehilangan peluang untuk masuk empat besar.

Sementara itu, Werner pun siap menjawab tantangan di Tottenham. Dirinya mengaku senang bisa bergabung dengan salah satu klub besar di Liga Inggris.

"Saya senang bergabung klub besar ini. Manajer menyatakan dirinya sangat berharap saya bisa bergabung klub tersebut. Cara bermain tim sepertinya sangat cocok bagi saya," kata Werner.

"Dulu duel melawan Tottennham selalu menjadi laga besar. Jadi, saya senang bila sekarang menjadi bagian dari tim ini," ucapnya.

Dengan demikian, Manchester United harus gigit jari. Keragu-raguan membuat mereka gagal merekrut Werner. 

Setan Merah memang maju mundur kala berencana mendatangkan sang striker. Tekanan dari fans MU menjadi salah satu faktor. Suporter menyebut manuver Erik ten Hag merekrut Werner adalah sebuah kesalahan karena catatan buruk sang pemain di Liga Inggris.

Werner gagal menunjukkan ketajaman selama dua musim di Chelsea. Penyerang Timnas Jerman ini direkrut dari Leipzig pada 2020.

Dia hanya mampu mencetak 23 gol dan membuat 21 assist dari 89 penampilan bersama tim Si Biru.

Gagal bersinar, Werner pun kembali ke Leipzig pada 2022. Penyerang berusia 27 ini kembali moncer di Bundesliga. Hanya, dirinya mengalami penurunan karena cedera.

Meski demikian, Werner ternyata masuk radar manajer Erik ten Hag untuk mengisi sektor depan MU bersama Rasmus Hojlund. Sekarang, rencana itu gagal terwujud.