Tim di Liga 1 2024/2025: Perwakilan Barat sampai Timur Indonesia Lengkap
PSBS Biak promosi dari Liga 2 dan membuat tim dari timur Indonesia kembali mengisi Liga 1 pada 2024/2025 (Instagram/@psbsofficial).

Bagikan:

JAKARTA - Kompetisi Liga 1 2023/2024 rampung digelar dan telah menghadirkan daftar wakil musim selanjutnya. Pada Liga 1 musim 2024/2025 ada 18 tim yang akan tampil, yang mana tim-tim tersebut lengkap mewakili barat sampai timur Indonesia.

Pada kompetisi musim depan, kemeriahan akan bertambah seiring kehadiran PSBS Biak yang berhasil meraih tiket promosi mewakili Papua. PSBS menjadi satu-satunya wakil Papua di Liga 1 musim depan atau yang pertama sejak Persipura terdegradasi pada 2022.

Selain itu, ada juga Malut United yang menjadi wakil Maluku pertama di kompetisi level tertinggi sepak bola Indonesia dalam kurun waktu 16 tahun terakhir. Malut United akan menjadi wakil Maluku pertama sejak Persiter Ternate terakhir kali meramaikan kompetisi tertinggi Indonesia pada 2008.

Ada pula Semen Padang yang naik ke Liga 1 untuk pertama kalinya sejak 2019, sekaligus menjadi perwakilan Sumatera satu-satunya sejak Persiraja Banda Aceh turun kasta pada 2022.

Dengan demikian, ada tujuh tim yang berasal dari luar Jawa yang meliputi PSM Makassar, Borneo FC, Barito Putera, dan Bali United.

Sementara 11 lainnya merupakan tim yang berbasis di Pulau Jawa, seperti Persija Jakarta, Persita Tangerang, Dewa United, Persib Bandung, Persis Solo, PSIS Semarang, PSS Sleman, Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Madura United, dan Arema FC.

Daftar Peserta Liga 1 2024/2025

Tim Pulau Jawa

Arema FC

Dewa United

Madura United

Persebaya Surabaya

Persib Bandung

Persija Jakarta

Persik Kediri

Persis Solo

Persita Tangerang

PSIS Semarang

PSS Sleman

Tim Luar Jawa

Bali United

Barito Putera

Borneo FC

Malut United

PSBS Biak

PSM Makassar

Semen Padang

Terkait