Lebih Dekat dengan Witan Sulaeman, Pencetak Gol Ketiga Indonesia ke Gawang Taiwan
Witan Sulaeman (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Witan Sulaeman mencetak gol ketiga timnas Indonesia ke gawang Taiwan pada leg kedua play-off kualifikasi Piala Asia 2023. Masuk pada babak kedua menggantikan Adam Alis, pemain sayap muda ini menyempurnakan kemenangan skuat Garuda.

Witan saat ini bermain untuk klub Liga Polandia Lechia Gdansk. Pertama kali dirinya diperkenalkan dengan dunia sepak bola, adalah dari sang ayah. Melansir laman resmi PSSI, saat kecil, ayah Witan selalu mengantarkannya bermain sepak bola.

Sekolah sepak bola pertama Witan adalah SSB Galara pada 2013. Kemudian, dia menuntut ilmu di SKO Ragunan dari 2016 hingga 2019.

Pria kelahiran Palu, 8 Oktober 2001 memulai karier sepak bola profesionalnya saat menandatangani kontrak bersama klub liga 2 PSIM Yogyakarta pada 2019 hingga 2020.

Witan bergabung dengan klub Serbia FK Radnik Surdulica pada Februari 2020 dengan jangka waktu kontrak tiga setengah tahun. Namun, karena pandemi COVID-19, setelah dua setengah bulan, dia kembali ke Indonesia.

Witan baru mendapatkan debut profesionalnya di klub tersebut pada 14 Juni 2020, bermain menggantikan Bogdan Stamenković dalam laga melawan Radnicki Nis dan mengalami kekalahan 2-4.

Witan resmi berstatus sebagai pemain Lechia Gdansk pada September 2021. Memakai nomor punggung 80, kontrak Witan berdurasi dua tahun.

Lechia Gdansk sendiri tidak asing dengan pemain Indonesia. Sebelum Witan, klub yang berdiri tahun 1945 tersebut sempat diperkuat pemain timnas Indonesia lainnya, Egy Maulana Vikri.

Untuk kariernya di timnas, Witan pernah ikut pemusatan latihan dan seleksi untuk timnas U-16 di masa kepelatihan Fakhri Husaini. Namun, saat itu PSSI dihukum FIFA sehingga tim tersebut dibubarkan karena tidak bisa mengikuti ajang internasional apapun.

Kesempatan Witan untuk bermain di timnas datang kembali. Debut internasionalnya di timnas Indonesia datang dari kelompok umur (timnas U-19) pada Turnamen Toulon 2017 saat berjumpa Brasil.

Pada tahun yang sama, Witan mencetak gol dalam gelaran AFF U-18 Championship 2017 saat Indonesia menang melawan Brunei 8-0. Dia juga mencetak gol saat perebutan juara ketiga melawan Myanmar.

Pada Kejuaraan AFC U-19 2018 yang diadakan di Indonesia, Witan mencetak dua gol dalam kemenangan penyisihan grup atas Taiwan dan kemenangan 1-0 atas Uni Emirat Arab yang membawa timnya ke perempat final untuk kali pertama dalam 40 tahun.

Witan juga menjadi bagian dari timnas U-23 Indonesia yang meraih perak di Asian Games 2019 Filipina. Dia menerima panggilan untuk bergabung dengan tim nasional sepak bola senior Indonesia pada Mei 2021 dan memainkan debutnya dalam pertandingan persahabatan kontra Afghanistan di Dubai pada 25 Mei 2021.

Sementara itu, gol Witan ke gawang Taiwan di leg kedua play-off kualifikasi Piala Asia 2023, Senin, 11 Oktober malam, memastikan skuat Garuda lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia.