Tips Berkendara Motor Jarak Jauh agar Keselamatan Diri dan Pengendara Lain Terjaga
Ilustrasi pengendara motor (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebagian masyarakat di Indonesia masih suka berkendara menggunakan sepeda motor dengan jarak yang jauh. Momen macam ini sering dilakukan saat mudik Lebaran. Bagi Anda yang berencana melakukan hal yang sama, ikuti tips berkendara motor jarak jauh agar tetap aman dan nyaman.

Patut diketahui, saat berkendara menggunakan sepeda motor dengan jarak yang harus harus mempertimbangkan keamanan sekaligus kenyamanan. Penting dilakukan agar tidak terjadi kejadian buruk seperti kecelakaan.

Tips Berkendara Motor Jarak Jauh

Ada banyak tips aman berkendara yang bisa diperhatikan bagi Anda yang berencana mudik menggunakan sepeda motor. Tips ini bisa dilakukan saat mudik atau saat bepergian/touring di hari biasa.

  1. Pastikan motor dalam kondisi prima

Sebelum berkendara jauh pastikan dulu sepeda motor dalam kondisi prima. Pemilik kendaraan harus melakukan servis di bengkel resmi lebih dulu. Lakukan pengecekan komponen penting sepeda motor mulai dari rem, lampu, ketersediaan oli mesin, aki, kelistrikan, dan sebagainya. Motor yang tidak dalam kondisi prima berpotensi mogok di tengah jalan dan akan merepotkan penggendaranya.

  1. Istirahat cukup

Harus diingat sebelum Anda menempuh perjalanan menggunakan motor harus istirahat lebih dulu. Usahakan agar waktu istirahat cukup sehingga tubuh tidak mudah lelah saat berkendara. Selain itu istirahat cukup akan meningkatkan fokus saat berkendara sehingga risiko terjatuh bisa diminimalisir. Fokus ini juga membuat pengendara tidak mudah teralihkan sehingga lebih aman.

  1. Perhatikan cuaca

Pengendara sepeda motor juga harus mempertimbangkan cuaca. Dengan begitu pengendara bisa mempersiapkan hal penting seperti jas hujan atau jaket. Cuaca sangat berpengaruh pada kenyamanan berkendara. Lakukan pengecekan cuaca di sepanjang rute perjalanan, termasuk cuaca di kota tujuan. Pengecekan cuaca bisa dilakukan di situs resmi BMKG.

  1. Kenakan kostum berkendara yang nyaman dan aman

Kostum berkendara motor kerap diabaikan oleh para pengendara. Sampai saat ini banyak orang yang lebih memilih mengenakan pakaian seadanya saat berkendara sepeda motor jarak jauh. Padahal kondisi tersebut berpengaruh pada keselamatan berkendara. Pastikan pengendara mengenakan jaket windproof, helm SNI, kaus tangan, kacamata, celana panjang, hingga sepatu agar tubuh tetap nyaman saat berkendara jarak jauh.  

  1. Pelajari rute

Bagi pengendara motor yang berencana menempuh jarak jauh dengan rute baru, disarankan untuk mempelajari rute lebih dulu. Anda bisa melakukan pengecekan rute lewat Google Maps. Anda bisa melihat kondisi jalanan terbaru berdasarkan review dari pengguna jalan lain yang diunggah di Google Maps. Langkah ini dilakukan agar pengendara lebih siap menghadapi medan. Selain itu pengendara bisa memperkecil risiko tersesat.

  1. Jangan bawa barang melebihi kapasitas

Salah satu kekurangan bepergian mengenakan sepeda motor adalah tidak bisa membawa barang banyak karena sepeda motor memang didesain tidak untuk membawa barang terlalu banyak. Membawa barang lebih dari kapasitas sangat membahayakan pengendara pribadi maupun pengedara lain. Anda bisa membawa barang bawaan dengan mengirimkannya lebih dulu dengan jasa ekspedisi atau kereta ke kota tujuan Anda.

  1. Perhatikan rambu lalu lintas

Rambu lalu lintas dibuat demi keselamatan para pengguna jalan, termasuk pengendara sepeda motor. Sebelum memuali perjalanan tekati bahwa Anda tidak akan melanggar rambu lalu lintas demi keselamatan pribadi maupun orang lain.

  1. Makan dan minum cukup

Sebelum berkendara usahakan untuk makan dan minum cukup, tidak kurang dan tidak berlebihan. Cukup makan dan cukup minum akan menghindarkan Anda dari masalah kesehatan di jalan seperti masuk angin atau dehidrasi.

Itulah beberapa tips berkendara motor jarak jauh. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.