Daimler Reitwagen, Motor Pertama dengan Mesin Bensin di Dunia
Daimler Reitwagen. (Dok. Mercedes-Benz)

Bagikan:

JAKARTA - Pada awal abad ke-20, motor mulai menjadi populer dan banyak pabrikan terkenal seperti Indian Motorcycle, Harley-Davidson, dan Triumph mulai memproduksi motor untuk pasar konsumen.

Kini pabrikan motor amatlah banyak dan motor yang beredar tak terhitung jumlahnya. Namun banyak juga yang tidak mengetahui motor pertama yang ada di dunia.

Dalam ruang media Mercedes-benz, diungkapkan motor bertenaga bensin pertama di dunia adalah Daimler Reitwagen, yang diciptakan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach pada tahun 1885. Karena penemuan ini, Daimler sering disebut sebagai "bapak sepeda motor". 

Pada November 1885, Daimler Reitwagen melakukan perjalanan pertamanya di jalan umum yang cukup jauh di hadapan publik, ketika putra Gottlieb Daimler, Adolf, menyelesaikan rute tiga kilometer dari Cannstatt ke Untertürkheim. Meskipun jarak ini terlihat dekat pada zaman sekarang, namun pada saat itu merupakan langkah besar. 

Daimler Reitwagen jadi kendaraan pertama yang dilengkapi dengan mesin pembakaran dalam berkecepatan tinggi dan juga merupakan nenek moyang langsung dari mobil. Hal ini karena mesin motornya dikembangkan lagi untuk digunakan dalam mobil Daimler yang muncul pada tahun 1886.

Sepeda motor Daimler yang menggunakan rangka kayu yang ditenagai oleh mesin satu silinder ini telah dipatenkan pada 3 April 1885. Ini adalah tonggak sejarah dalam teknologi motor, karena meski kecil tapi mesin bensin lebih bertenaga dibandingkan dengan mesin pembakaran internal lainnya pada waktu itu.

3
Daimler Reitwagen. (Dok. Mercedes-Benz)

Sebelumnya, Ernest Michaux, seorang pria yang berasal dari Prancis juga membuat motor pada tahun 1800-an dengan mengandalkan mesin uap dengan rangka yang menyerupai sepeda sirkus. Lalu di Amerika Serikat pada akhir 1800-an, Sylvester Roper, seorang pria asal Boston, juga mulai menjual motor dengan tenaga uap yang diberi nama Roper Steam Velocipide.

Meskipun demikian, Daimler Reitwagen dianggap sebagai tonggak awal dalam sejarah perkembangan kendaraan bermotor dan menjadi dasar bagi banyak inovasi dan teknologi yang digunakan dalam motor modern saat ini.