Terjun ke Pasar Sepeda Listrik, Peugeot Hadirkan Tiga Model e-Bike
Peugeot Digital E-Bike. (Dok. Peugeot Cycles)

Bagikan:

JAKARTA - Segmen sepeda listrik sedang mengalami pertumbuhan pesat saat ini. Selain memiliki desain modern, sepeda listrik atau e-bike juga memberikan kemudahan dalam aktivitas sehari-hari penggunanya.

Dalam tren ini, banyak produsen sepeda motor berusaha memasuki pasar sepeda listrik. Sebagai contoh, GasGas baru-baru ini meluncurkan e-bike perkotaan, sedangkan Kawasaki memperkenalkan e-bike kargo bernama Noslisu.

Kini, giliran perusahaan otomotif Prancis, Peugeot, ikut terjun ke segmen ini dengan meluncurkan e-bike yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna sehari-hari.

Dilansir Electrek, Minggu, 2 Juli, Peugeot Cycles merilis beberapa varian e-bike yang mengakomodasi berbagai kebutuhan konsumen. Mereka menawarkan city commuter e-bike, long-tail cargo e-bike, dan front-loader cargo e-bike.

Salah satu model terbaru adalah City Commuter e-bike, juga dikenal sebagai Digital E-Bike. Desainnya memiliki dua top tube yang terputus yang menggantikan downtube tradisional, memberikan tampilan yang lebih kekinian.

Motor listrik mid-drive ditempatkan di bagian tengah bawah sepeda ini, menggantikan sistem rantai konvensional. Motor tersebut terintegrasi dengan roda belakang untuk memberikan daya penggerak pada e-bike.

Selain itu, ada juga model lain bernama Longtail Cargo e-bike, atau dikenal sebagai Digital e-Longtail. Sepeda ini dilengkapi dengan keranjang pengangkut di bagian belakang yang dapat menampung satu hingga dua anak. Proporsi antara bagian depan dan belakang dirancang secara seimbang untuk tampilan yang proporsional.

Yang ketiga adalah Front-Loader e-bike, atau dikenal sebagai Digital e-Front Load. Sepeda ini memiliki jarak sumbu roda depan yang diperpanjang untuk memfasilitasi penggunaan kotak pengangkut yang dapat menampung tiga anak atau beban belanjaan.

Meskipun harga ketiga model e-bike ini belum diumumkan, Peugeot memamerkannya dalam acara Pro-Days di Paris Exhibition, Porte de Versailles, Prancis, mulai dari 2 Juli hingga 4 Juli.

Dengan memperkenalkan tiga model sepeda listrik ini, Peugeot Cycles memberikan sinyal positif untuk memperluas pangsa pasar sepeda listrik dengan teknologi terbaru pada akhir 2023 atau awal 2024.