Cara Menonaktifkan Fitur <i>Immobilizer</i> Error, Tak Perlu Dibawa ke Bengkel!
Ilustrasi perangkat immbolizer mobil (Foto: Pexels/daniel andraski)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara menonaktifkan fitur immobilizer error ternyata cukup mudah. Anda dapat memanfaatkan dashboard mobil untuk membuat fitur immobilizer tidak aktif.

Tujuan pemasangan fitur immobilizer pada mobil adalah untuk menghindarkan aksi pencurian mobil. Oleh sebab itu, jangan heran bila perangkat modern ini mulai banyak dijejalkan pada mobil-mobil keluaran terbaru.

Kendati demikian, fitur ini terkadang mengalami masalah teknis sehingga membuatnya tidak dapat berfungsi dengan baik. Kinerja fitur immobilizer yang kurang responsif bisa membuat mobil sulit untuk dinyalakan.

Bila hal ini terjadi, pemilik kendaraan perlu menonaktifkan fitur immobilizer. Lantas, bagaimana cara menonaktifkan fitur immobilizer yang error? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Menonaktifkan Fitur Immobilizer Error  

Untuk menonaktifkan fitur immobilizer yang error, Anda tidak perlu membawa mobil ke bengkel. Lakukan langkah-langkah berikut ini agar kinerja fitur immobilizer kembali responsif:

  • Letakkan kunci mobil di bagian bawah dashboard: Cara menonaktifkan fitur immobilizer error yang pertama adalah dengan meletakkan kunci mobil di bagian bawah dashboard. Hal ini dilakukan agar sensor deteksi gelombang dapat menerima sinyal untuk menonaktifkan immobilizer secara otomatis. Dengan begitu, pemilik bisa menyalakan mesin mobil dengan mudah.
  • Masukkan kunci mobil pada lubang kunci di pintu kemudi: Menonaktifkan fitur immobilizer juga bisa dilakukan dengan kunci pintu mobil. Langkah-langkahnya, yakni memasukkan kunci fisik pada bagian lubang kunci yang tertera pada pintu kemudi. Putar kunci tersebut untuk membuka pintu mobil dan biarkan hingga 20 hingga 30 detik.
  • Membuka bagasi mobil: Pemilik kendaraan bisa membuka bagasi mobil untuk menonaktifkan immobilizer Saat membuka bagasi mobil dari dalam, sensor immobilizer mobil akan membaca perintah bahwa mobil dalam keadaan aman sehingga kinerja fitur ini akan berhenti secara otomatis.
  • Nyalakan starter: Cara menonaktifkan fitur immobilizer error adalah dengan menyalakan starter. Untuk menonaktifkan perangkat ini, pertama-tama Anda harus memeriksa bagian anti-theft-light. Bagian ini merupakan lampu yang tertera pada bagian dashboard. Biasanya lampu ini mengeluarkan sinar warna merah atau biru. Langkah berikutnya, masukkan kunci pada bagian starter mobil, lalu putar kunci tersebut hingga posisi mobil menyala dan tunggu sekitar 10 sampai 15 menit. Setelah itu, cek kembali anti-theft light pada dashboard. Bila lampunya tidak berkedip, Anda bisa memutar kunci pada posisi off. Pada kondisi ini, sistem akan meriset ulang sehingga immobilizer mobil tidak aktif. Bila fitur ini sudah nonaktif, Anda bisa menyalakan mesin mobil kembali.

Penyebab Fitur Immobilizer Error

Berikut beberapa penyebab fitur immobilizer mobil eror atau mengalami kerusakan:

  • Daya baterai habis: Bila fitur immobilizer mobil tidak bekerja, coba cek terlebih dahulu pada bagian baterainya. Jika dayanya habis, maka solusinya adalah mengganti dengan yang baru.
  • Terkena benturan keras: Ketika terjadi benturan keras, chip yang dipasang dalam immobilizer bisa mengalami kerusakan. Chip yang rusak dapat membuat immobilizer tidak bekerja dengan baik.
  • Rolling code: Umumnya, usia rolling code diperkirakan bisa mencapai lima tahun. Bila sebelum itu ada permasalahan pada rolling code, sistem immobilizer akan berhenti secara keseluruhan.

Demikian informasi tentang cara menonaktifkan fitur immobilizer error. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.