Begini Cara Membersihkan Kerak pada Mesin Mobil, Tanpa Perlu ke Bengkel
Foto ilustrasi. (Dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mesin mobil berkerak menjadi salah satu masalah yang kerap dikeluhkan pemilik kendaraan roda empat. Jika kondisi ini dibiarkan atau diabaikan dalam waktu lama maka dapat menimbulkan kerusakan pada mesin. Lantas bagaimana cara membersihkan kerak pada mesin mobil? 

Kerak pada mesin mobil bisa muncul karena paparan kotoran atau bekas oli yang menempel. Selain dapat menimbulkan kerusakan, adanya residu yang menumpuk tersebut juga menyebabkan mesin cepat panas dan mengganggu kinerja komponen lainnya. Agar performa kendaraan tetap optimal, maka pemilik mobil perlu melakukan perawatan secara rutin pada mesinnya. 

Pemilik mobil bisa mengatasi kerak mesin mobil secara mandiri di rumah. Ada beberapa cara membersihkan kerak pada mesin mobil yang bisa Anda terapkan. 

Cara Membersihkan Kerak pada Mesin Mobil

Tidak sedikit pemilik mobil mengabaikan kondisi dan kebersihan mesin mobilnya hingga tidak menyadari sudah berkerak. Sebelum kondisi tersebut merusak mesin dan mengganggu komponen lainnya, berikut ini tips atau cara membersihkan kerak mesin yang dapat Anda lakukan.

Menyiapkan Peralatan yang Diperlukan

Saat akan membersihkan kerak mesin mobil, Anda perlu menyiapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan. Ada sejumlah peralatan yang digunakan untuk membantu proses pembersihan, seperti spons, kain microfiber, sikat gigi atau kuas, selang dan air bersih, sitrun, ember. 

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan beberapa cairan pembersih khusus untuk mengatasi kerak membandel pada mesin mobil. Pembersih yang akan Anda gunakan, di antaranya engine conditioner, engine flush, sabun khusus mobil, dan lainnya. 

Memanaskan Mesin Sebelum Dibersihkan

Sebelum mulai membersihkan kerak mesin, sebaiknya Anda memanaskan mobil terlebih dahulu sekitar 15 menit lamanya. Langkah ini bertujuan guna memudahkan proses pembersihan kerak yang menempel pada mesin. 

Setelah dipanaskan, jangan langsung dibersihkan namun diamkan mesin selama 30-45 menit. Tunggu hingga mesin kembali dingin lebih dulu demi mencegah paparan panas atau arus listrik saat membersihkan. 

Mulai Proses Pembersihan

Selanjutnya Anda sudah bisa mulai membersihkan mesin mobil dengan mengibas kotoran atau debu dari permukaan mesin. Anda bisa memakai sikat atau kuas untuk mengusir debu dan kotoran ringan. Kemudian gunakan lap untuk membersihkan debu yang menyelip di sela-sela mesin. 

Lepaskan Aki Mobil

Demi keamanan saat membersihkan mesin, Anda perlu melepas aki mobil. Langkah ini bertujuan untuk memutus aliran listrik agar tidak terjadi korsleting atau kesetrum. Sebab pada tahapan ini pembersihan mesin akan memakai air. Cara ini juga membantu Anda lebi mudah membersihkan mesin sampai bagian bawah penyimpanan aki yang sering jadi sarang kotoran. 

Bersihkan Kerak yang Menumpuk

Bersihkan kerak yang menumpuk di bagian bawah mesin memakai alat seperti sikat, spon, atau semprotan air jika perlu. Pastikan Anda menggunakan alat yang bertekstur lembut supaya tidak mengakibatkan kerusakan pada mesin. Jangan sampai proses pembersihan kerak justru merusak bagian luar mesin. 

Cuci Bagian Mesin

Jika seluruh kerak sudah dibersihkan, selanjutnya cuci mesin mobil sampai bersih. Langkah ini dilakukan untuk membantu menghilangkan sisa-sisa oli yang masih menempel di bagian bawah mesin. Pastikan Anda memakai air dingin untuk membersihkan mesin mobil. 

Masukkan Pelumas yang Baru

Setelah membersihkan dan mencuci mesin, kemudian isikan oli baru ke dalam mesin mobil. Pelumas baru dibutuhkan untuk melumasi bagian-bagian mesin dan membantu melindungi mesin dari korosi. Pastikan Anda memilih oli dan pelumas yang sesuai dengan kebutuhan mesin mobil Anda. 

Ganti Oli secara Rutin

Lakukan penggantian oli secara rutin atau teratur demi menjaga kinerja mesin mobil Anda. Selain menjaga kondisi mesin mobil tetap baik, penggantian oli secara berkala juga berfungsi untuk memperpanjang usia mesin. 

Demikianlah beberapa cara membersihkan kerak pada mesin mobil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Merawat mesin mobil secara rutin tidak hanya mencegah kerusakan, namun juga bermanfaat untuk memperpanjang masa pakai mesin kendaraan Anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.