Inovasi dan Strategi Toyota Pimpin Pasar Otomotif Roda Empat Nasional Selama Lebih dari 50 Tahun
All New Kijang Innova Zenix HEV. (Dok. Toyota)

Bagikan:

JAKARTA - Toyota menjadi salah satu pemimpin pasar otomotif roda empat di Indonesia selama lebih dari 50 tahun, keberhasilan tersebut tak lepas dari inovasi dan strategi yang dilakukan.

Salah satu contohnya, memasuki era kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota, di mana berhasil memimpin pergerakan pasar lewat strategi Multi-Pathway, dengan menyediakan produk-produk elektrifikasi yang lengkap dan sesuai kebutuhan pelanggan, serta membangun ekosistem yang mendukung mobilitas xEV Toyota, diperkuat kolaborasi bersama value chain untuk memberikan layanan terbaik demi kepuasan pelanggan.

"Dengan bermodalkan strategi Multi-Pathway Toyota terus berupaya meningkatkan kualitas produk dan layanan demi melaksanakan visi Mobility for All. Strategi tersebut direalisasikan lewat kehadiran mobility solution yang mencakup produk dan layanan yang sesuai kebutuhan pelanggan, menjadi pionir inovasi teknologi otomotif, dan memberikan peace of mind untuk kepemilikan jangka panjang,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat, 15 Desember.

Bukti keberhasilan Toyota juga terlihat dari eksistensi Toyota Kijang, yang telah hadir sejak tahun 1977 hingga sekarang, dengan catatan penjualan melampaui 2 juta unit. Bahkan, sejak mulai dipasarkan akhir tahun 2022, produk kebanggaan lokal All New Kijang Innova Zenix HEV menjadi motor penggerak penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota yang tumbuh pesat, dari sebelumnya 4.436 unit di tahun 2022 menjadi 33.603 unit hingga bulan November 2023.

Sementara itu, di era elektrifikasi Toyota kembali berinovasi lewat inisiasi gerakan IT’S TIME FOR EVERYONE, yang mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam program pengurangan emisi karbon, dengan berbagai cara yang sanggup dijalankan. Pilihan lengkap teknologi elektrifikasi ikut dihadirkan kepada masyarakat, mulai Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).

Kepemilikan xEV Toyota pun telah didukung oleh ekosistem yang mudah, andal, dan berkelanjutan. Berikan Total Mobility Solution, Toyota xEV Ecosystem dibangun guna memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk melakukan servis mobil dan charging baterai di 74 dealer resmi Toyota. Fasilitas ini akan bertambah hingga seluruh dealer di akhir tahun 2024.

Strategi pemasaran berikutnya yang sanggup memperkuat positioning Toyota di Indonesia, yakni dengan menghadirkan brand sporty GAZOO Racing (GR). Bermodalkan DNA motorsport Toyota, sports car dan sporty car GR menjadi sangat diminati para motorsport enthusiast dan memancing animo masyarakat untuk lebih mengenal produk GR.

Penghargaan Atas Inovasi & Multi Pathway Strategy Toyota di Indonesia

Keberhasilan Toyota lewat berbagai inovasi dan strategi memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan mendapatkan apresiasi melalui 2 penghargaan bergengsi. Pertama adalah penghargaan Industry Marketing Champion 2023 for the Automotive sector kepada Anton Jimmi Suwandy sebagai Marketing Director PT TAM yang diberikan oleh MarkPlus berkolaborasi dengan Marketeers dan Indonesia Marketing Association (IMA).

Penghargaan kedua adalah Best Chief Marketing Officer 2023 in Providing Innovative Products for Various Customer Segmentation (Category: Automotive) dari acara Indonesia Best CMO Award 2023.

"Kami yakin, semua pencapaian Toyota selama ini tidak lepas dari semangat inovasi dan kolaborasi solid semua stakeholder, yang terlibat dalam pemasaran mobil Toyota di Indonesia. Selama lebih dari setengah abad berjuang, kami semua berhasil melewati setiap masa sulit dengan baik dan tumbuh bersama kepercayaan pelanggan," tutup Anton Jimmi Suwandy.