Nissan Pamerkan Masa Depan Mobilitas Listrik di Auto China 2024
Ragam kendaraan Nissan yang dipamerkan di Beijing Auto Show. (Dok. Nissan)

Bagikan:

JAKARTA - Nissan tampil percaya diri di pameran Auto China 2024 atau Beijing International Automotive Exhibition (Beijing Auto Show) 2024 dengan usung tema "Nissan baru untuk era baru di China". 

Pabrikan otomotif global ini tidak hanya memamerkan jajaran mobil listrik terdepan, tetapi juga memperkenalkan empat konsep kendaraan energi baru (NEV) yang futuristis. Ini menegaskan komitmen Nissan terhadap elektrifikasi dan rencana masa depan mereka di Cina.

"Untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan di pasar China yang berubah dengan cepat, Nissan berkomitmen terhadap strategi yang disesuaikan seperti yang kami umumkan dalam rencana bisnis baru kami, ‘The Arc’," kata Presiden dan Chief Executive Officer Nissan Makoto Uchida, dalam keterangannya, dikutip Jumat, 26 April. 

Makoto mengungkapkan bahwa komitmen Nissan dimulai dengan kendaraan energi baru yang didasarkan pada konsep yang diluncurkan hari ini. Selanjutnya, Nissan akan membangun portofolio produk yang seimbang berupa model-model baru yang beragam dan kompetitif.  

"Tujuan kami adalah memberikan pengalaman mobilitas yang lebih menarik bagi seluruh pelanggan di China," tambahnya. 

Nissan juga mengumumkan akan meluncurkan satu NEV lagi di pasar dibandingkan yang diungkapkan sebelumnya, sehingga total rencana peluncuran kendaraan menjadi lima pada tahun fiskal 2026.

Konsep NEVs untuk Kebutuhan Masa Depan

Empat model konsep NEV yang diluncurkan, terdiri dari dua kendaraan listrik murni (EV) dan dua plug-in hybrid, merupakan hasil kerja sama dengan mitra lokal Dong Feng. Konsep ini dirancang untuk menjawab kebutuhan mobilitas masa depan konsumen di Tiongkok dengan lebih baik.

  • Nissan Epoch Concept: Sedan EV yang ditujukan untuk para urban dan suburban yang ingin meningkatkan gaya hidup mereka dengan desain dan teknologi. Konsep ini memiliki Internet of Things (IoT) yang diperluas dengan kecerdasan buatan (AI), dan asisten virtual pribadinya membuat hidup lebih mudah dan nyaman melalui komunikasi yang mengenali emosi.

  • Nissan Epic Concept: SUV EV yang sempurna untuk pasangan petualang perkotaan yang gemar berpetualang di akhir pekan. Mobil ini dilengkapi dengan fitur autonomous driving untuk penggunaan di dalam kota dan di jalan tol. Menariknya, Epic Concept dapat berfungsi sebagai sumber listrik bergerak, dengan kemampuan memasok listrik untuk peralatan elektronik, perkemahan, atau pesta. Teknologi on-board yang diusungnya turut mendukung dan menciptakan suasana relaksasi.

  • Nissan Era Concept: SUV plug-in hybrid yang mendukung gaya hidup urban dan cocok untuk para pebisnis muda yang menjadikan mobil mereka sebagai rumah kedua. Dilengkapi dengan sistem hiburan yang saling terhubung dan jok zero-gravity, serta teknologi penggerak all-wheel drive e-4ORCE yang canggih dan suspensi udara aktif, Era Concept memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan meyakinkan.

  • Nissan Evo Concept: Sedan plug-in hybrid yang ideal untuk liburan akhir pekan dan menciptakan momen spesial bersama keluarga. Selain memiliki fitur keselamatan dan bantuan pengemudi yang canggih, asisten virtual pribadi dengan dukungan AI pada Evo Concept turut membantu pengemudi dalam menjalani perjalanan yang menyenangkan.

Tampilan Model yang Mencuri Perhatian

Selain konsep NEV, Nissan turut menampilkan Nissan Hyper Force Concept dan Nissan Hyper Punk Concept untuk pertama kalinya di China. Kedua konsep ini sebelumnya telah diperkenalkan di Japan Mobility Show, Tokyo, Oktober lalu.

  • Nissan Hyper Force Concept: Didesain untuk menghadirkan pengalaman berkendara terbaik dengan performa ramah lingkungan yang tinggi dan kenyamanan untuk penggunaan sehari-hari. Mobil ini ditujukan untuk para penggemar balap dan gamer yang mendambakan adrenalin sirkuit namun tetap peduli lingkungan.

  • Nissan Hyper Punk Concept: Ditampilkan secara digital, konsep ini bertujuan untuk menginspirasi penggunanya dalam mengekspresikan diri mereka di dunia virtual dan nyata. Dengan teknologi AI dan biosensor pada sandaran kepala, Hyper Punk Concept dapat mendeteksi suasana hati pengemudi dan secara otomatis memilih musik dan pencahayaan yang tepat, sehingga meningkatkan energi dan kreativitas.