Bersiap Banjir Cuan! TikTok Hadirkan Fitur Baru yang Lebih Menguntungkan Konten Kreator
Aplikasi video pendek TikTok meluncurkan fitur baru bagi konten kreator untuk menghasilkan cuan. (foto: dok. Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi video pendek TikTok meluncurkan fitur baru bagi konten kreator untuk menghasilkan cuan, fitur ini jauh lebih menguntungkan daripada yang sebelumnya. Tak hanya itu, TikTok juga turut menghadirkan berbagai fitur anyar.

Sebelumnya, platform video berdurasi pendek itu hanya memungkinkan konten kreator menerima hadiah virtual dari penggemar selama mereka melakukan Live di TikTok (Live Gift), namun fitur Tips dan Video Gift yang baru tiba ini akan menguntungkan konten kreator dengan menerima pembayaran dan hadiah saat mereka tidak melakukan streaming langsung.

Fitur-fitur tersebut juga diluncurkan bersamaan dengan portal Creator Next baru, yang mengatur semua peluang monetisasi TikTok di satu tempat. Selain itu, perusahaan juga memperluas akses ke Creator Marketplace, yang diluncurkan pada tahun 2019.

Ini membantu brand terhubung dengan konten kreator untuk konten bersponsor dan video rekomendasi. Sekarang, pembuat TikTok hanya dengan 10.000 pengikut bisa mendaftar ke TikTok Creator Marketplace untuk berkolaborasi dengan brand di berbagai peluang.

Perusahaan telah menguji fitur Tips dan Video Gift langsung bulan lalu, tetapi pada saat itu fitur tersebut belum tersedia secara luas. Selama pengujian, konten kreator harus memiliki setidaknya 100.000 pengikut dan harus bereputasi baik dengan TikTok. Setelah disetujui, mereka akan diberi tombol Tips pada profil mereka untuk menerima pembayaran langsung.

Saat ini, fitur monetisasi TikTok tersedia secara lebih luas bagi konten kreator di AS, Inggris, Jerman, Prancis, Italia, dan Spanyol. Sedangkan negara lain akan menyusul beberapa bulan ke depan.

Syarat untuk Mendaftar Creator Next

Mengutip TechCrunch, Kamis, 2 Desember, situs web Creator Next menjelaskan bahwa kreator yang memenuhi syarat harus berusia 18 tahun ke atas, dan harus mengikuti persyaratan pengikut minimum yang dapat bervariasi tergantung pada wilayah mereka.

Konten kreator juga harus memiliki setidaknya 1.000 penayangan video selama 30 hari terakhir dan memiliki setidaknya tiga postingan dalam 30 hari terakhir. Akun mereka harus berusia minimal 30 hari dan bereputasi baik dengan Pedoman Komunitas TikTok tanpa pelanggaran aturan berulang.

TikTok mengatakan konten kreator akan menerima 100 persen tip. Tetapi, pengguna yang memberikan tip ke konten kreator harus membayar sedikit biaya admin ke penyedia pembayaran TikTok, Stripe. Meskipun aplikasi itu tidak mengambil sebagian dari pendapatan.

Gabungan, fitur-fitur ini menempatkan TikTok dalam persaingan yang lebih langsung dengan platform media sosial lainnya, seperti Instagram atau YouTube, di mana konten kreator memiliki berbagai cara untuk menghasilkan pendapatan dari konten mereka.