Facebook Juga Tawarkan Fitur Nostalgia <i>Year Together</i> Mirip Instagram, Begini Cara Bikinnya!
Foto: Dok. Gadgets

Bagikan:

JAKARTA - Setelah Instagram, kini giliran Facebook yang meluncurkan fitur kartu 'Year Together' di aplikasi Android dan iOS, memungkinkan pengguna untuk bernostalgia dengan momen terbaik tahun ini.

Perusahaan induk Facebook dan Instagram Meta, telah meluncurkan fitur serupa yakni Playback di Instagram dimana pengguna juga dapat membagikan sepuluh Stories teratas mereka tahun ini. Pengguna akan dapat melihat teman, foto, lokasi, dan pengalaman lain yang mereka bagikan di platform persis seperti fitur Year Together.

Lebih lanjut, fitur Year Together akan menyarankan unggahan atau konten yang dibagikan oleh pengguna, dan akan dikompilasi kemudian pengguna dapat membagikannya sebagai unggahan. Namun, pengguna dapat menghapus dan memilih gambar atau konten lain sebagai gantinya.

Opsi itu bisa berguna jika pengguna tidak ingin menghidupkan kembali kenangan tertentu dari tahun lalu. Setelah dibagikan, kiriman (atau kartu) akan terlihat oleh daftar teman pengguna atau pengguna tertentu, jika mereka telah mengatur pengaturan privasi khusus untuk kiriman. Fitur ini bisa digunakan hingga akhir tahun.

Dilansir dari Gadget360, Minggu, 12 Desember, Facebook dan Instagram bukan aplikasi pertama yang meluncurkan fitur tinjauan akhir tahun ini pada tahun 2021. Fitur tersebut umum di antara aplikasi yang dirancang untuk menarik keterlibatan sosial.

Layanan streaming populer Spotify juga menawarkan fitur serupa yang disebut Spotify Wrapped. Fitur ini menawarkan pengguna kemampuan untuk melihat statistik seperti artis yang paling sering mereka dengarkan, lagu teratas yang mereka mainkan, dan berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk mendengarkan musik.

Cara Menggunakan Fitur Year Together Facebook

Untuk bernostalgia di Facebook menggunakan fitur Year Together, berikut VOI jabarkan caranya di bawah ini.

1. Buka aplikasi Facebook Anda di ponsel, dan bagian Year Together akan muncul di bagian atas feed Anda di bawah cerita.

2. Gulir untuk melihat sorotan yang dikumpulkan, ini akan menampilkan termasuk orang-orang teratas yang pernah berinteraksi dengan Anda, tempat yang paling sering Anda kunjungi dan orang-orang yang paling sering terhubung dengan Anda selama tahun 2021.

3. Anda dapat memilih bagian mana yang akan dipublikasikan sebelum mengklik tombol Bagikan.

Jika Anda belum dapat melihat sorotan Anda sendiri tetapi teman lain telah membagikannya, Anda dapat mengeklik tombol Lihat sorotan Anda sendiri tahun 2021 dengan mengklik link di bawah unggahan teman Anda.