Jay Clayton Sebagai Pembela Bitcoin, Beri Saran SEC Hanya Atur Kripto di Bagian Tertentu  Saja
Jay Clayton, mantan Ketua SEC pada masa Donald Trump. (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA –Jay Clayton adalah mantan Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS, atau SEC, yang ditunjuk oleh mantan Presiden AS Donald Trump untuk menjabat pada 2017.

Dalam masa jabatannya sebagai kepala SEC, Clayton sering membela Bitcoin (BTC) sebagai penyimpan nilai. Rabu 15 Desember lalu, selama wawancara dengan acara Squawk Box CNBC, Jay berbagi pemikirannya tentang cryptocurrency dan bagaimana mata uang itu harus diatur ke depan.

Mantan ketua SEC mengatakan bahwa dia “sangat percaya pada teknologi kripto” dan bahwa keuntungan efisiensinya dalam sistem keuangan dan tokenisasi sangat besar.

Pernyataan Clayton muncul ketika ketua SEC saat ini, Gary Gensler, baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa pengawas tidak memiliki rencana untuk melarang crypto, tetapi Kongres AS bisa melakukannya. Gensler memperingatkan, bagaimanapun, bahwa crypto dalam bentuknya saat ini sebanding dengan wild west tanpa regulasi yang tepat.

Ketika ditanya apakah ketua saat ini membuat terlalu banyak batasan untuk industri kripto, Jay mengatakan bahwa kripto memiliki banyak tujuan dan terhubung ke berbagai industri, dan SEC harus bertanggung jawab untuk mengatur hanya sektor-sektor yang terkait dengannya.

“Crypto adalah produk yang sangat beragam, dengan beragam fungsi, dan aturan sistem keuangan kami jelas dan berlaku lama. Jika Anda meningkatkan modal untuk sebuah proyek, Anda harus mendaftarkan peningkatan modal Anda ke SEC. Jika Anda memperdagangkan sekuritas, itu harus di tempat yang terdaftar. Tetapi ada banyak sektor crypto seperti stablecoin yang bukan sekuritas dan di luar lingkup SEC,” kata Clayton seperti dikutip Cointelegraph.

Menurut Clayton, cryptocurrency harus diimplementasikan tetapi dengan regulasi yang sesuai. Dia mengatakan bahwa pemerintah harus "reaktif terhadap orang-orang yang melanggar undang-undang kita yang didefinisikan dengan baik tetapi proaktif dalam mendorong adopsi teknologi ini di seluruh sistem keuangan kita."

Clayton tidak mengizinkan persetujuan ETF Bitcoin selama masa jabatannya, yang terjadi sekarang pada tahun 2021 di bawah Gary Gensler. Agensi tersebut sejak itu mendapat kecaman karena menolak aplikasi ETF spot dan menyetujui ETF berjangka Bitcoin.

Grayscale mengirimkan surat kepada sekretaris SEC, Vanessa Countryman, yang menyatakan bahwa “tidak ada dasar untuk posisi bahwa berinvestasi dalam derivatif untuk suatu aset dapat diterima oleh investor tetapi tidak berinvestasi dalam aset itu sendiri.”

SEC dituduh memperlakukan dua proposal ETF Bitcoin secara tidak setara di bawah Undang-Undang Perlindungan Administratif, atau APA.