Akun Majalah Meta Kini Beralih ke Meta Platform Inc, Apakah Instagram Langgar Aturannya Sendiri?
Akun Instagram majalah Meta kini berubah menjadi akun Meta Platform Inc. (foto tangkapan layar instagram)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tepat setelah Mark Zuckerberg menyampaikan pidatonya yang memuji manfaat dari metaverse, perusahaan ini langsung mengecat ulang ikon "jempol" sebuah trade mark yang berada di kantor pusatnya di Menlo Park, dengan logo baru Meta. Saat Facebook mengumumkan rebranding ke Meta, perusahaan sudah siap dikarenakan anyak akun media sosial perusahaan itu yang juga beralih, misalnya dari Facebook Inc ke Meta Inc.

Namun untuk satu akun utama, yaitu di Instagram, tidak berubah. Maklum Facebook atau Meta Platform Inc, tidak memiliki kendali atas akun @Meta di Instagram. Akun itu diketahui adalah milik majalah kecil berbasis di Denver bernama META. Pada hari pengumuman Facebook, perusahaan yang menerbitkan cerita gaya hidup tentang sepeda motor memposting foto berbagai masalah cetak dengan judul "Sejak 2014."

Kini Beralih ke Meta Platform Inc

Sore itu, postingan terbaru dari akun @Meta dipenuhi dengan komentar yang mendorong pemiliknya untuk “menahan” akun tersebut, atau setidaknya menjualnya dengan harga tinggi jika ingin diambil alih oleh Meta Platform Inc, induk perusahaan Facebook dan Instagram.

"Tahan dan jual tinggi," tulis seorang pengguna. Tetapi pada hari berikutnya, akun itu menghilang secara misterius, seperti yang dilaporkan Quartz. Tidak jelas persis apa yang terjadi, tetapi @Meta kini telah memasukkan semua konten dari halaman Instagram @Facebook sebelumnya. Postingan di akun itu sebelum 28 Oktober, seolah-olah jejaring sosial selalu mengendalikannya. Postingan dari META, majalah, sekarang muncul di bawah akun @readmeta.

META si penerbit majalah tidak menanggapi permintaan komentar. Namun masih ada tanda-tanda bekas akun Instagram di situsnya. Situs web perusahaan ini masih tertaut ke akun instagram.com/meta lamanya. Anehnya, mengeklik tautan itu dari situs web penerbit maka muncul kesalahan. Meskipun tautan itu ke URL yang sama dengan akun Meta yang sekarang dimiliki oleh Facebook.

Pada Selasa, 14 Desember, Ben Geise, salah satu pendiri dan pemimpin redaksi META, mengumumkan bahwa edisi terbaru majalah tersebut akan menjadi yang terakhir dengan nama yang telah digunakan selama lebih dari delapan tahun.

“Kami menghargai individualitas kami di atas segalanya, jadi ketika tersiar kabar bahwa perusahaan Goliath mengubah namanya menjadi Meta, rasanya seperti pukulan ke perut,” tulisnya dalam sebuah posting blog, yang dikutip oleh Engadget.

“Dengan menekan tombol, identitas kami tiba-tiba diencerkan, dan kami melihat nama kami melingkari saluran pembuangan dan hanyut dengan sesuatu yang tidak dapat kami kendalikan,” tambahnya.

Geise tidak menanggapi permintaan komentar dari Engadget. Sulit untuk mengetahui secara pasti apa yang terjadi sebenarnya. Tetapi persyaratan layanan Instagram menyatakan bahwa bisnis tidak dapat "memesan" akun. Ketentuan tersebut menetapkan bahwa perusahaan tidak dapat mengklaim pelanggaran merek dagang jika pemilik akun menggunakannya untuk tujuan yang tidak terkait.

“Menggunakan merek dagang orang lain dengan cara yang tidak ada hubungannya dengan produk atau layanan yang merek dagangnya diberikan bukan merupakan pelanggaran terhadap kebijakan merek dagang Instagram,” bunyi kebijakan tersebut. “Nama pengguna Instagram disediakan berdasarkan siapa datang pertama, dilayani pertama.”

Tentu saja, akun dan penggunanya sering kali bertukar tangan. Bisnis telah dikenal menggunakan layanan escrow untuk menegosiasikan transfer akun, sementara yang lain telah menggunakan pasar yang lebih teduh untuk mendapatkan akses ke akun dengan nama yang diinginkan.

Namun praktik tersebut juga secara resmi dilarang oleh ketentuan layanan Instagram. “Anda tidak dapat menjual, melisensikan, atau membeli akun atau data apa pun yang diperoleh dari kami atau Layanan kami,” menurut persyaratan layanan Instagram.

“Ini termasuk upaya untuk membeli, menjual, atau mentransfer aspek apa pun dari akun Anda (termasuk nama pengguna Anda); meminta, mengumpulkan, atau menggunakan kredensial masuk atau lencana pengguna lain; atau meminta atau mengumpulkan nama pengguna Instagram, kata sandi, atau token akses yang tidak sesuai.”

Aturan ini menimbulkan pertanyaan tentang apakah Facebook melanggar aturannya sendiri untuk mendapatkan akses ke nama pengguna yang didambakan. Padahal ini jenis tindakan yang secara rutin dilarang dilakukan oleh pengguna lain di Instagram. Atau apakah perusahaan menemukan pembenaran lain untuk mengambil alih akun yang sudah didaftarkan dan digunakan sebelumnya oleh pihak lain. Seorang juru bicara Instagram tidak segera menanggapi permintaan komentar atas tuduhan ini.

Untuk saat ini, META penerbit mengatakan mereka fokus pada masa depan. “Merek kami lebih dari sekadar nama. Kami mewakili cara hidup," tulis Geise. “Kami berbicara untuk menginspirasi dan mendorong jenis manusia langka di luar sana yang cukup berani untuk mengejar impian mereka dan tidak pernah melihat ke belakang.”

Seorang juru bicara Meta mengatakan bahwa tak ada klaim merek dagang atau ancaman peraturan yang diciptakan kepada penerbit META, tapi menolak untuk mengomentari apakah jejaring sosial sudah berkaitan dengan majalah atau apakah mereka sudah memberikan kompensasi untuk nama pengguna mereka. "Kami memperbolehkan orang untuk merubah nama pengguna mereka di Instagram," kata juru bicara Meta, Stepahnie Otway, dalam sebuah pernyataan.

Artikel ini telah tayang dengan judul: Instagram Diduga Langgar Aturannya Sendiri, Akun Majalah Meta Kini Beralih ke Meta Platform Inc, saatnya merevolusi pemberitaan!