Gawat! Xian Alami Lonjakan Pandemi, Samsung dan Micron  Khawatir Pasokan Chip Global Terpengaruh
Pasokan chip global bisa terdampak lonjakan pandemi di Xian, China. (foto: dok pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Samsung Electronics dan Micron Technology, dua pembuat chip memori terbesar di dunia, memperingatkan bahwa pembatasan ketat COVID-19 di kota Xian di China dapat mengganggu basis manufaktur chip mereka di daerah tersebut.

Penguncian di kota itu memberi tekanan lebih lanjut pada rantai pasokan global dan menambah tahun yang menyiksa bagi para eksportir yang menghadapi biaya pengiriman yang jauh lebih tinggi bahkan ketika harga bahan baku, termasuk semikonduktor, meroket di tengah pandemi yang berlangsung selama dua tahun.

Pembatasan dapat menyebabkan keterlambatan pasokan chip memori DRAM, yang banyak digunakan di pusat data, kata Micron pada Rabu, 29 Desember seperti dikutip Reuters.

Pembatasan ketat, yang mulai berlaku awal bulan ini, mungkin semakin sulit untuk dikurangi dan telah mengakibatkan tingkat staf yang lebih tipis di lokasi manufaktur, tambah Micron.

Samsung Electronics juga mengatakan pada Rabu lalu bahwa untuk sementara akan menyesuaikan operasi di fasilitas manufaktur Xian untuk chip memori flash NAND, yang digunakan untuk penyimpanan data di pusat data, smartphone, dan gadget teknologi lainnya.

Kelompok media China Yicai melaporkan pada Kamis, 30 Desember, fasilitas semikonduktor Samsung  di Xian saat ini beroperasi secara normal. Penyedia analisis TrendForce juga mengatakan pabrik Samsung Xian sedang berproduksi tanpa gangguan signifikan untuk saat ini dan pasokan bahan baku tampaknya cukup, tetapi mungkin ada sedikit penurunan produksi jika pandemi tidak bisa dikendalikan.

"Dampak pada pasokan global dapat dikendalikan, meskipun ada ketidakpastian," kata Yan Chengyin, konsultan dan manajer di Bayes Consulting yang berbasis di Beijing, seperti dikutip oleh Reuters.

“Ketidakpastiannya adalah seberapa cepat penyebaran virus dapat dihentikan dan pabrik dapat kembali bekerja seperti biasa. Dalam pengalaman kami, kelompok kasus akan segera terkendali di China di  perusahaan asing seperti Samsung," tambahnya.

Analis yang berbasis di Seoul mengatakan chip yang dibuat di pabrik Xian, NAND Samsung sebagian besar dikirim ke China dengan pengiriman terbatas menuju ke luar negeri. Beberapa permintaan terbesar untuk jenis chip yang dibuat di pabrik berasal dari perusahaan server China, tambah mereka.

TrendForce mengatakan bahwa pembuat smartphone dan komputer notebook mungkin terkena dampak langsung oleh setiap perubahan dalam operasi di basis produksi Xian, tetapi mencatat bahwa tingkat persediaan Samsung yang relatif tinggi dapat memasok pembeli tanpa hambatan dalam jangka pendek.

Pejabat China telah memberlakukan pembatasan ketat pada perjalanan di dalam dan meninggalkan Xian mulai 23 Desember, sejalan dengan upaya Beijing untuk segera menahan wabah yang muncul.

Wabah COVID-19 di Xian adalah yang terbesar yang terlihat oleh kota mana pun di China tahun ini, dengan total lebih dari 1.100 kasus selama gejolak terbaru.

"Kami memanfaatkan rantai pasokan global kami, termasuk mitra subkontraktor kami, untuk membantu melayani pelanggan kami untuk produk DRAM ini," kata Micron dalam sebuah posting blog.

"Kami memproyeksikan bahwa upaya ini akan memungkinkan kami untuk memenuhi sebagian besar permintaan pelanggan kami, namun mungkin ada beberapa penundaan jangka pendek saat kami mengaktifkan jaringan kami," kata perusahaan itu.

Micron menambahkan bahwa mereka bekerja untuk meminimalkan risiko penularan virus dan telah menerapkan langkah-langkah termasuk jarak fisik dan pengujian di tempat dan mendorong vaksinasi.

Operasi chip memori Samsung di Xian adalah salah satu proyek asing terbesar di China. Raksasa teknologi ini memiliki dua jalur produksi di Xian yang membuat produk NAND Flash canggih, yang menyumbang 42,5% dari total kapasitas produksi memori flash NAND dan 15,3% dari keseluruhan kapasitas output global, menurut TrendForce.