BlackBerry Suntik Mati Sistem Operasinya Pekan Depan, Selamat Tinggal!
BlackBerry memutuskan untuk menyuntik mati sistem operasinya BlackBerry OS dan BlackBerry PlayBook OS. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan raja seluler BlackBerry memutuskan untuk menyuntik mati sistem operasinya BlackBerry OS dan BlackBerry PlayBook OS minggu depan, tepatnya 4 Januari 2022.

Dengan dimatikannya kedua sistem operasi tersebut, maka ponsel dan tablet juga turut tidak bisa beroperasi, yang mana akan menghentikan beberapa fungsi intinya, termasuk melakukan panggilan telepon, pesan teks, atau bahkan panggilan darurat ke 911.

BlackBerry mengatakan bahwa WiFi dan data seluler juga bisa menjadi tidak dapat berfungsi, dengan aplikasi seperti BlackBerry Link, BlackBerry World, BlackBerry Protect, BlackBerry Messenger, BlackBerry Blend, dan BlackBerry Desktop Manager semuanya akan menjadi terbatas.

Itu artinya, jika pengguna memiliki ponsel yang menjalankan BlackBerry 10 atau BlackBerry 7.1 OS atau yang lebih lama, maka pada 4 Januari 2022 itu tidak akan berfungsi kembali.

Saat ini, pengguna masih dapat terhubung ke internet melalui WiFi dan data seluler, tetapi banyak aplikasi yang tidak akan berfungsi dengan baik.

Banyak situs web akan menolak koneksi dari perangkat tanpa dukungan protokol keamanan terbaru. Pengumuman ini mungkin tidak mengejutkan, mengingat perusahaan telah menutup toko aplikasinya pada tahun 2019 bersamaan dengan layanan BBM yang dulu populer.

Meskipun beralih ke Android pada tahun 2015, BlackBerry gagal mengembangkan smartphone-nya sejak kehadiran iPhone milik Apple, dan perlahan-lahan bergeser dari perusahaan perangkat keras ke produsen perangkat lunak. Demikian dikutip dari Liliputing, Jumat, 31 Desember.