Berita Luar Negri: Medsos China Ingatkan Pengguna Soal Konten Olimpiade Musim Dingin
Suasana media center menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di Beijing, China

Bagikan:

YOGYAKARTA - Platform mikroblog China Weibo memperingatkan pengguna mereka untuk tidak mengunggah konten Olimpiade Musim Dingin Beijing karena masalah hak siar.

Weibo, dikutip dari Reuters pada Jumat, mengunggah peringatan itu di akun resmi resmi mereka dan juga mengirimkan kepada pengguna melalui pesan langsung.

Platform serupa Twitter ini mengingatkan pengguna mereka bahwa lembaga penyiaran milik negara China, CCTV, memegang hak siar eksklusif Olimpiade Musim Dingin untuk 4-20 Februari, berlaku untuk China daratan, termasuk Makau.

Ingatkan Pengguna Soal Konten Olimpiade Musim Dingin

Jika mengunggah konten Olimpiade Musim Dingin tanpa izin CCTV, pengguna berarti melanggar hak siar tersebut. Weibo akan memblokir konten tersebut.

"Dalam kasus seperti itu, Weibo atas permintaan pemegang hak siar, akan melakukan aksi seperti menghapus dan memblokir konten yang melanggar aturan, yang Anda unggah. Pelanggar serius akan diberi hukuman berupa larangan dan penalti lainnya," kata Weibo seperti yang dikutip VOI dari ANTARA.

Komite Internasional Olimpiade melindungi hak siar untuk perhelatan olahraga tersebut, mereka juga mengatakan tidak boleh membagikan video ke media sosial. Larangan ini juga berlaku untuk atlet.

Pelari sprinter Jamaika, Elaine Thompson-Herah diblokir sementara dari Instagram karena mengunggah video kemenangannya saat Olimpiade Tokyo.