Inovasi Baru Apple, Face ID Tetap Bisa Digunakan Walau Pakai Masker, Berlaku untuk iPhone 12 dan 13
Apple sediakan fitur Face ID dengan makser untuk iPhone 12 dan 13. (foto; twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Hampir dua tahun sejak pandemi COVID-19 dimulai, Apple akhirnya mengizinkan pengguna iPhone untuk membuka kunci iPhone mereka dengan Face ID walau saat mengenakan masker wajah.

Face ID, sistem pengenalan wajah dari Apple, dilaporkan telah menerima pembaruan yang sangat penting sebagai bagian dari iOS 15.4, yang sekarang melalui pengujian beta.

Pengguna iOS yang berbasis di Florida, Brandon Butch, salah satu penguji awal, telah memposting tangkapan layar dari fitur baru tersebut ke Twitter.

Tampaknya pengguna iPhone memiliki opsi untuk menghidupkan dan mematikan alat, meskipun Apple mengatakan Face ID lebih efektif sambil dapat melihat seluruh wajah.

'Face ID paling akurat ketika diatur untuk pengenalan wajah penuh saja,' fitur baru Apple memberi tahu pengguna, menurut tangkapan layar.

'Untuk menggunakan ID Wajah saat mengenakan topeng, iPhone dapat mengenali fitur unik di sekitar area mata untuk diautentikasi.'

Pengguna iPhone memiliki opsi untuk mengetuk 'Gunakan Face ID Dengan Masker' atau 'Jangan Gunakan Face ID Dengan Masker'.

Menurut Butch, pengguna pertama-tama harus membuat pengaturan iPhone mereka dan mengetuk 'Face ID', diikuti oleh 'Gunakan Face ID With a Mask' untuk mengaktifkan dan menonaktifkan opsi.

Selain itu, fitur baru ini hanya akan berfungsi di iPhone 12 dan yang lebih baru, menurut 9to5Mac, yang berarti pengguna yang menggunakan iPhone 11 atau yang lebih lama masih harus melepas masker mereka agar Face ID berfungsi.

Apple telah memperkenalkan beberapa fitur dalam pembaruan perangkat lunak terbaru yang dirancang untuk memungkinkan pengguna masuk ke ponsel mereka dengan lebih mudah.

April lalu, Apple merilis pembaruan perangkat lunak iOS 14.5 dengan fitur yang memungkinkan pengguna yang memakai masker untuk membuka iPhone mereka dengan Apple Watch..