Sudah Dikasih Izin Kominfo, Telkomsel Siapkan Jaringan 5G Manjakan Penonton MotoGP Mandalika
Sirkuit Mandalika (Foto via Twitter @MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Operator seluler Telkomsel menyediakan jaringan 5G pada ajang balap motor internasional MotoGP 2022 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

"Diperkirakan puluhan ribu orang akan memadati area MotoGP 2022 di Mandalika, sehingga berpotensi mendorong peningkatan trafik layanan komunikasi yang cukup signifikan," kata Direktur Jaringan Telkomsel Nuugroho, dalam keterangan pers, dikutip Sabtu 19 Maret.

Telkomsel menggelar layanan komersial Hyper 5G mereka sekaligus pameran Telkomsel 5G Experience di kawasan Mandalika International Street Circuit.

Operator seluler tersebut sudah menggelar 16 menara BTS 5G yang bisa menjangkau beberapa titik di kawasan Mandalika International Street Circuit dan Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul-Madjid-Lombok. Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan izin sementara untuk Telkomsel menggelar jaringan 5G selama gelaran MotoGP Mandalika.

Jaringan 5G Telkomsel di MotoGP menggunakan gelombang frekuensi 2.100MHz, 2.300MHz yang selama ini mereka sediakan untuk layanan 5G komersial. Izin dari Kominfo dikeluarkan untuk frekuensi tambahan 3.500MHz dan gelombang milimeter 26GHz.

Dilansir dari Antara, jaringan ini juga digunakan untuk pameran Telkomsel 5G Experience untuk mendemonstrasikan berbagai penggunaan jaringan radio telekomunikasi generasi terbaru tersebut.

Pada pameran tersebut, operator seluler memamerkan Humanoid Robot, berupa robot yang memiliki kemampuan mirip manusia. Ia bisa digunakan untuk berbagai industri. Penggunaan 5G juga ditunjukkan melalui Cloud Gaming, pengalaman bermain game balap motor MotoGP dengan latensi yang rendah agar streaming lancar.

Telkomsel juga memiliki contoh penggunaan 5G Drone untuk pengawasan dari jarak jauh dan Virtual Reality, perangkat yang bisa digunakan untuk bermain game online, menikmati wisata sampai simulasi rapat dari jarak jauh.

Pada bagian AR Industrial Work Instruction, operator seluler tersebut menunjukkan penggunaan augmented reality di sektor industri, misalnya untuk pemeriksaan atau memberikan instruksi dari jarak jauh. AR juga bisa digunakan untuk perawatan dan perbaikan mesin di industri otomotif secara virtual dan aktual.

Selain itu, bersama Huawei, mereka mengadakan 5G mmWave-Device untuk penggunaan jaringan Telkomsel Hyper 5G pada perangkat seluler, antara lain ponsel, laptop dan router, menggunakan frekuensi milimeterwave 26GHz.

Selain 5G, Telkomsel juga memberi dukungan untuk jaringan 4G berupa tambahan 132 menara BTS 4G/LTE untuk melayani kebutuhan telekomunikasi selama gelaran MotoGP Mandalika. Khusus untuk kawasan Sirkuit Mandalika, Telkomsel menyediakan 11 BTS bergerak.

Operator seluler juga menambah dan memperkuat kapasitas BTS 4G di area yang berpotensi mengalami lonjakan lalu lintas komunikasi, antara lain penginapan, lokasi wisata kuliner, layanan kesehatan dan titik transit transportasi.