Bocoran Terbaru! YouTube Bakal Salip Pasar Podcast Milik Spotify
YouTube semakin serius terjun ke dunia podcast. (foto: Javier Miranda / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Mengikuti jejak Spotify, YouTube   semakin serius   terjun ke dunia podcast, dengan banyak bocoran beredar menunjukkan rencana platform tersebut dan fitur monetisasi untuk podcast.

Sebelumnya, laporan menyebutkan bahwa YouTube telah merekrut seorang eksekutif podcast, Kai Chuk, untuk memimpin upayanya di bidang tersebut dan bahkan mulai menawarkan uang tunai kepada podcaster populer untuk memfilmkan acara mereka.

Peta jalan podcast YouTube akhirnya terbongkar oleh Podnews. Di sini, perusahaan dikatakan akan meningkatkan konten podcast dengan menguji kemampuan untuk membuat feed RSS podcast.

YouTube juga mencatat rencananya untuk memusatkan podcast di beranda baru dengan YouTube.com/podcasts. Meski URL belum berfungsi, tetapi nantinya akan otomatis mengarahkan ulang ke beranda YouTube yang berisi konten podcast.

Tidak mengherankan, jika Google sebagai pemilik platform tersebut melihat podcast sebagai cara untuk memperluas bisnis periklanannya di YouTube.

Bocoran lainnya juga menyebutkan YouTube akan menampilkan iklan audio yang dijual oleh Google serta mitra lainnya, dengan menyebutnya sebagai dukungan metrik baru yang dirancang untuk pembuat audio pertama dan kemampuan untuk mengintegrasikan data YouTube ke dalam platform pengukuran podcast standar industri.

Melansir TechCrunch, Kamis, 31 Maret, selama bertahun-tahun, YouTube telah memisahkan kategori konten layanan yang lebih besar dengan menempatkan mereka pada beranda sendiri, seperti yang dilakukan dengan YouTube Gaming pada 2015 dan dengan YouTube Fashion pada 2019.

Selain itu, YouTube juga membantu memperkuat layanan streaming musik Google, YouTube Music, yang bersaing dengan layanan lain seperti Spotify, di mana podcast merupakan keunggulannya.

Spotify diketahui berusaha untuk mendominasi pasar iklan podcast dan telah melakukan beberapa akuisisi untuk membawa AdTech terkait secara internal.

Hasilnya, Spotify sejak itu mampu menjual iklannya sendiri, memperkenalkan teknologi penyisipan iklan streaming, meluncurkan pasar iklan audionya sendiri dan mencoba format iklan baru.

Sementara itu, sebagai platform yang berpusat pada video, YouTube telah tertinggal dari sebagian besar pasar iklan ini. Belum pasti kapan YouTube akan mulai merealisasikan peta jalan Podcast-nya ini, tetapi diklaim akan dimulai tahun ini.