Telegram Tambah Beragam Fitur Baru
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi perpesanan Telegram kembali membawa pembaruan dan sejumlah fitur menarik. Beberapa di antaranya mencakup fitur baru seperti pencarian yang dikategorikan, comment sections untuk channel, anonymous admin, dan lainnya.

Lewat postingan blog-nya, Telegram menjelaskan bagaimana fitur baru itu bisa bekerja. Perusahaan mengatakan bahwa pembaruan akan lebih fokus untuk membantu admin mengelola konten yang dibagikan, sambil menjaga keamanan interaksi.

Search Filter

Pengguna sekarang akan dapat menemukan media, tautan, file, dan lainnya dengan lebih mudah dengan Filter Pencarian baru. Fitur ini memiliki enam kategori yang terdiri atas Chats, Media, Links, File, Video, dan Voice messages.

Pengguna dapat memasukkan istilah pencarian yang berkaitan dengan waktu, orang, grup/channel, dan bot tertentu. Lalu, filter akan memisahkan pesan yang sesuai. Misalnya, seperti pesan dengan tautan, dikirim pada Agustus 2018, berisi kata "bahagia."

Comments for Channels

Selanjutnya, Telegram membawa fitur comment section baru di dalam Channel. Tombol komentar akan muncul pada pesan yang diunggah di Channel. Pengguna dapat mengunggah GIF, voice messages, sticker, dan lainnya sebagai komentar untuk postingan itu.

Selain itu, admin juga dapat mengontrol komentar dari channels untuk menjaga keamanan. Meski demikian, fitur tersebut hanya akan tersedia untuk Channel yang memiliki grup diskusi terpisah yang ditautkan. Karenanya, pengguna akan diarahkan ke grup untuk melihat dan membalas komentar.

Anonymous Admins for Group

Fitur chat di Telegram (dok. Telegram)

Telegram juga memperkenalkan fitur baru yang disebut Anonymous Group Admin. Fitur ini sudah tersedia untuk Channel dan sekarang admin akan berubah menjadi anonymous di grup saat mengirim pesan. Kemudian, pesan yang mereka kirim akan berada di bawah grup name tag.

Animated Pop-ups dan Emoji Baru

Terakhir, update juga mencakup pop-up animasi. Fitur ini terbatas untuk Android dan menampilkan animasi yang diubah saat pengguna menghapus pesan, menyimpan media dan mengubah pemberitahuan. Pengguna juga dapat memperluas atau menyembunyikan keyboard, beralih antara tema siang dan malam.

Selain emoji animasi baru, pembaruan juga menghadirkan fitur seperti tekan lama pada gambar profile untuk melihat gambar pengguna lainnya dan melakukan hal yang sama pada pengalih akun untuk melihat pratintau daftar obrolan.