Resmi Akuisisi Musiio, SoundCloud Gabungkan Musik dengan Kecerdasan Buatan
Foto: Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - SoundCloud mengakuisisi Mussio, perusahaan AI dalam teknologi pembelajaran mesin. Akuisisi yang berlangsung pada 3 Mei itu membuat Musiio akan memperkuat kemampuan kecerdasan musik SoundCloud, dan memungkinkan perusahaan untuk lebih memanfaatkan datanya untuk mengidentifikasi trend dan bakat musik.

"SoundCloud menampung lebih banyak musik dari lebih banyak pencipta daripada platform mana pun di planet ini. Mengakuisisi Musiio mempercepat strategi kami untuk lebih memahami bagaimana musik itu bergerak dengan cara yang eksklusif, yang sangat penting bagi kesuksesan kami," kata Eliah Seton, Presiden SoundCloud, dalam blognya dikutip Kamis 5 Mei.

Teknologi Musiio berfokus pada pencarian referensi audio B2B (AI yang dapat mendengarkan musik), penandaan otomatis, dan alat daftar putar untuk industri musik.

Dengan mendengarkan lebih banyak lagu daripada yang bisa dilakukan manusia dan mengidentifikasi karakteristik dan pola, AI memungkinkan pengguna untuk memprediksi kesuksesan dengan lebih baik. Musiio akan menjadi inti dari pengalaman penemuan SoundCloud dan membantu mengidentifikasi bakat dan tren di depan orang lain.

SoundCloud merasa terhormat dapat bermitra dengan Hazel dan Aron dan menyambut tim inovator yang benar-benar brilian di Musiio ke dalam keluarga SoundCloud.

Musiio didirikan pada Juni 2018 dan baru-baru ini dinobatkan sebagai salah satu Fast Company Most Innovative Companies for 2022. Musiio berbasis di Singapura dan didirikan oleh CEO Inggris Hazel Savage dan CTO Swedia Aron Pettersson.

"SoundCloud bukan hanya nama rumah tangga legendaris tetapi juga bisnis artis maju yang saya yakini adalah masa depan industri musik holistik baru,” kata Hazel Savage, CEO Musiio. "Saya sangat bangga bahwa setelah 4 tahun membangun Musiio, kami sekarang menjadi bagian dari SoundCloud."

Savage dan Pettersson akan tetap menjadi bagian integral dari operasi, mulai bergabung masing-masing sebagai VP, Music Intelligence dan VP, AI dan Machine Learning. SoundCloud akan sepenuhnya mengintegrasikan karyawan Musiio yang akan mempertahankan posisi mereka.