Varian Baru iPhone 12 dari Mini, Pro hingga Pro Max
Tangkapan layar Apple Event peluncuran iPhone 12 (Aditya/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Apple baru saja merilis iPhone 12 ke publik. Ada sejumlah varian dan model yang diperkenalkan serta peningkatan, termasuk dukungan koneksi 5G. 

"Hari ini era baru bagi iPhone. Kini mendukung 5G, hadirkan kecepatan yang kencang, rendah latensi, melindungi privasi dan keamanan," kata CEO Apple Tim Cook, dalam peluncuran iPhone 12 series, Rabu, 14 Oktober dini hari.

Kini iPhone 12 hadir dalam tiga model berbeda, yakni iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Sesuai namanya, perbedaan mendasar dari varian ini terletak dari ukuran layar dan spesifikasi kamera untuk model Pro dan Pro Max.

Dilihat dari acara peluncurannya, iPhone 12 hadir dengan layar 6,1 inci, sedangkan iPhone 12 Mini memiliki layar 5,4 inci yang sama-sama hadir dengan Super Retina XDR. Bahkan Apple menyematkan proteksi layar yang diberi nama ceramic shield.

Varian iPhone 12 dan iPhone 12 Mini (dok. Apple)

Untuk spesifikasi, keduanya memiliki kemampuan serupa, termasuk dukungan 5G. Di mana Apple menggunakan chip A14 Bionic di kedua model dan menjadi smartphone pertama dengan chip yang menggunakan arsitektur 5nm.

Baik iPhone 12 dan iPhone 12 Mini memiliki dua kamera belakang, dengan kemampuan lensa wide 12MP dan lensa ultra-wide 12MP. Kamera smartphone ini dibekali dengan fitur Smart HDR 3 untuk menghasilkan gambar lebih tajam.

Apple menyertakan teknologi baru bernama MagSafe yang menghadirkan pengalaman baru dalam fitur wireless charging. Kedua smartphone ini menjalankan iOS 14 dan sudah memiliki sertifikasi IP68.

Sesuai dengan rumor, Apple tak akan menyertakan kepala charger maupun earphone dalam kotak penjualannya. Absennya dua aksesoris itu dilakukan karena Apple ingin menjadi perusahaan yang ramah lingkungan. Meski begitu Apple masih memberikan kabel data lightning ke USB Type C.

Untuk harganya, iPhone 12 dibanderol mulai dari 799 dolar AS atau sekitar Rp11 juta. Sedangkan harga untuk iPhone 12 Mini mulai dari 699 dolar AS sekitar Rp10 juta dengan kurs rupiah saat ini.

iPhone 12 Pro dan Pro Max

iPhone 12 Pro dan Pro Max (dok. Apple)

Ini merupakan varian tertinggi dalam kasta iPhone 12. Secara tampilan, keduanya memiliki desain serupa iPhone 12. Hanya saja yang membedakan, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max hadir dalam balutan stainless steel.

iPhone 12 Pro Max punya ukuran 6,7 inci, lebih besar dari layar iPhone 12 Pro yang mempunyai ukuran layar 6,1 inci. Layar kedua ponsel ini menggunakan Super Retina XDR dengan proteksi Ceramic Shields.

Performa smartphone ini didukung chip A14 Bionic yang diklaim mempunyai kinerja CPU dan GPU 50 persen lebih kencang. Terlebih Apple juga memberikan dukungan koneksi 5G.

Baik iPhone 12 Pro dan Pro Max memiliki tiga kamera di bagian belakangnya, dengan konfigurasi pada lensa wide 12MP (f/1.6 dan OIS), ultra wide 12MP, dan telephoto yang mendukung optical zoom 4X. Apple turut menyertakan sensor LiDAR dan dukungan Deep Fusion di kedua smartphone ini.

iPhone 12 Pro dan Pro Max (dok. Apple)

Untuk sistem operasinya jelas, perangkat ini sudah menjalankan iOS 14 dengan sertifikasi IP68. Fitur baru yang disematkan yakni Apple ProRAW dan memungkinkan iPhone 12 Pro untuk mengambil gambar multiframe dalam format RAW, serta perekaman video 10-bit HDR dengan Dolby Vison HDR.

Untuk harganya, Apple membandrol iPhone 12 Pro mulai dari 999 dolar AS atau dikisaran Rp14 juta. Sedangkan iPhone 12 Pro Max dijual mulai dari 1.099 dolar AS sekitar Rp16 jutaan.