Sejarah Terulang Kembali, Simak Kilas Balik Persaingan Grand Finalis MLBB  Indonesia vs Filipina
Indonesia akan melawan Filipina di babak Grand Final MLBB SEA Games 2021. (Foto: Garudaku)

Bagikan:

JAKARTA - Medali emas sudah di depan mata. Indonesia dan Filipina berhasil masuk ke Grand Final Mobile Legends: Bang Bang, untuk memperebutkan gelar Juara di SEA Games 2021. Selama ini, Indonesia dan Filipina selalu diperdebatkan sebagai negara dengan pemain MLBB terkuat di Asia Tenggara. 

Jika harus mengintip ke belakang, perkembangan MLBB di Indonesia memang sedikit tertinggal dari Filipina. Hal ini bisa dilihat dari gelaran Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC). 

Indonesia dua kali dipercaya menjadi tuan rumah MSC 2017 dan 2018. Namun, di ajang tersebut, tidak ada satupun tim Indonesia yang lolos ke partai final.  Sedangkan Filipina berhasil menjadi runner-up di MSC 2017. Tahun berikutnya, Filipina kembali mendapatkan tempat di partai final, dan menjadi juara. 

Lanjut ke tahun 2019, pergerakan gim Filipina mengalami penurunan. Sementara, pergerakan tim MLBB Indonesia mulai terlihat. Indonesia berhasil membabat habis slot final ajang internasional. 

Kedua tim Indonesia, ONIC dan Louvre Sport berhasil mengamankan dua slot final di ajang tersebut. ONIC berhasil keluar menjadi juara, dan Louvre menjadi runner-up

Dominasi kedua negara dibuktikan lagi di SEA Games 2019 . Di mana Indonesia dan Filipina dipertemukan di babak Grand Final. Namun, di tahun tersebut, Filipina berhasil merebut emas dari Indonesia. Indonesia harus menerima posisinya sebagai runner-up

Seperti mengulang waktu, pada SEA Games 2021 ini Indonesia kembali dipertemukan dengan saingan lamanya Filipina di Grand Final MLBB. 

Jika melihat performa Indonesia di tiga pertandingannya dengan Singapura, Vietnam, dan yang terakhir Malaysia, Indonesia menunjukkan kemampuannya yang luar biasa dengan mendominasi semua pertandingan.

Timnas Indonesia yang berada di bawah asuhan James ini selalu bermain dengan apik. Bahkan selalu menyapu bersih dengan mendapatkan skor 2-0. Indonesia seakan tidak memberi kesempatan untuk lawannya menundukkan mereka. 

Beralih ke Filipina, tim dari negara yang memiliki julukan Pearl of the Orient Seas ini sebenarnya juga memiliki permainan yang luar biasa. 

Di babak Group Stage, Filipina berhasil membabat habis tiga negara lainnya yaitu Myanmar, Malaysia, dan Laos dengan skor penuh 2-0.

Namun di babak semifinal yang baru berlangsung Kamis, 19 Mei , tampaknya Filipina mendapat sedikit perlawanan dari Singapura. Meski demikian, Filipina tetap memenangkan pertandingan dengan skor akhir 2-1. 

Dari sejarah kedua negara terkuat di nomor MLBB ini,  ajang ini menjadi saksi, siapa yang akan merampas emas di SEA Games 31 tahun ini. Anda dapat menyaksikan pertandingan yang menegangkan pada Jumat, 20 Mei pukul 09.00 WIB melalui YouTube channel MPL Indonesia.