Gampang, Ikuti Langkah-langkah Ini untuk Menghubungkan Pengontrol PS4 atau PS5 ke Nintendo Switch
Menghubungkan pengontrol PS4 dan PS5 ke Nintendo Switch (Foto: Amazon)

Bagikan:

JAKARTA - PlayStation 4 atau PS4 adalah konsol permainan video buatan Sony Computer Entertainment yang diumumkan sebagai penerus PS3 di tahun 2013 dan versi lainnya di tahun 2016. Pada tahun 2020, Sony meluncurkan PS5 sebagai penerus dari PS4 ini.

Jika Anda memiliki PS4 atau PS5, dan juga memiliki Nintendo Switch, Anda pasti dapat membedakan bagaimana rasanya memegang pengontrol dari kedua jenis konsol tersebut.

Pengontrol Switch atau yang biasa disebut dengan Joy-con ukurannya lebih kecil daripada pengontrol PS4 dan PS5, sehingga mungkin Anda merasa kurang nyaman untuk menggenggamnya.

Tidak perlu khawatir, Anda dapat menghubungkan salah satu pengontrol PS4 ataupun PS5 tersebut ke Nintendo Switch milik Anda. Di sini VOI akan menunjukkan bagaimana caranya.

Menghubungkan Pengontrol DualShock 4 atau DualSense Anda

Jika Anda merasa bosan atau tidak nyaman bermain menggunakan Joy-con, ada baiknya mempertimbangkan untuk memainkan gim Switch Anda dengan Kontroler PlayStation karena lebih besar dan lebih nyaman digenggam.

Berikut adalah panduan sederhana bagaimana cara menggunakan adaptor Bluetooth untuk menghubungkan pengontrol DualSense atau DualShock 4 ke Nintendo Switch Anda.

Ada beberapa hal yang Anda perlukan sebelum memulai, yaitu PlayStation Controller dan adaptor Bluetooth. Dan juga 8Bitdo Wireless USB Adapter 2. 

Sebelum mulai menghubungkan kontroler PlayStation Anda ke Switch, sebaiknya pastikan PlayStation Anda dicabut atau di luar jangkauan untuk menghindari pengontrol PlayStation terhubung ke konsol Anda yang lain.

Cara Menghubungkan Pengontrol PS4 atau PS5 ke Switch Anda

  1. Untuk langkah pertama, Anda harus memastikan bahwa Nintendo Switch Anda terpasang di dok dan dihidupkan, lalu colokkan adaptor USB nirkabel ke salah satu slot USB di dok.
  2. Selanjutnya, Anda harus menavigasi ke Pengaturan Sistem pada menu utama Switch dan pilih Controllers and Sensors.
  3. Saat Anda berada di menu ini, hidupkan adaptor USB nirkabel dengan memilih Pro Controller Wired Connection.
  4. Saat Anda berada di menu ini, hidupkan adaptor USB nirkabel dengan memilih Pro Controller Wired Connection.
  5. Saat lampu pada pengontrol dan adaptor kembali ke warna stabilnya, keduanya dipasangkan. Anda sekarang siap memainkan gim Switch menggunakan pengontrol PlayStation. Untuk memastikannya, Anda harus dapat melihat pengontrol Anda ditampilkan di layar Pilihan Pengontrol di Switch Anda.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Menggunakan Pengontrol PlayStation di Switch

Adapun yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa pengontrol PlayStation Anda tidak akan bekerja persis seperti yang pengontrol Switch lakukan, atau pengontrol Joy-Con Anda dalam keadaan normal.

Umpan balik haptic dan mikrofon di handset tidak akan berfungsi dengan pengontrol PlayStation saat bermain di Nintendo Switch Anda, dan saat menghidupkan Switch Anda, Anda masih harus menggunakan Joy-Con Anda.