Pandemi Telah Mempercepat Pertumbuhan Robot untuk Gantikan Tugas Manusia di Singapura
Robot banyak menggantikan tugas manusia. (foto; dok.pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah berjuang mencari staf selama pandemi, bisnis di Singapura semakin beralih ke penempatan robot untuk membantu melakukan berbagai tugas. Misalnya, mulai dari survei lokasi konstruksi hingga pemindaian rak buku perpustakaan, hingga membuat kopi.

Negara-kota tersebut selama ini telah bergantung pada pekerja asing untuk pekerjaan tertentu, tetapi jumlah mereka turun 235.700 antara Desember 2019 dan September 2021. Menurut Kementerian Tenaga Kerja Singapura pembatasan selama pandemi COVID-19 telah mempercepat "laju adopsi dan otomatisasi teknologi" oleh berbagai perusahaan di sana.

Di lokasi konstruksi Singapura, robot berkaki empat yang disebut "Spot", yang dibuat oleh perusahaan AS, Boston Dynamics, memindai bagian lumpur dan kerikil untuk memeriksa kemajuan pekerjaan, dengan data diumpankan kembali ke ruang kendali perusahaan konstruksi Gammon.

Manajer umum Gammon, Michael O'Connell, mengatakan menggunakan Spot hanya membutuhkan satu karyawan manusia, bukan dua yang sebelumnya diperlukan untuk melakukan pekerjaan tersebut secara manual.

"Mengganti kebutuhan tenaga kerja di tempat dengan solusi otonom mendapatkan daya tarik nyata," kata O'Connell, seperti dikutip Reuters. Ia percaya kekurangan tenaga kerja industri yang diperparah oleh pandemi akan tetap ada.

Sementara itu, Perpustakaan Nasional Singapura telah memperkenalkan dua robot pembaca rak yang dapat memindai label pada 100.000 buku, atau sekitar 30 persen dari koleksinya, per hari.

"Staf tidak perlu membaca nomor telepon satu per satu di rak, dan ini mengurangi aspek rutin dan padat karya," kata Lee Yee Fuang, asisten direktur di Dewan Perpustakaan Nasional.

Menurut laporan tahun 2021 oleh Federasi Robotika Internasional, Singapura memiliki 605 robot yang dipasang per 10.000 karyawan di industri manufaktur. Ini adalah jumlah tertinggi kedua secara global, setelah 932 robot di Korea Selatan,

Robot juga digunakan untuk tugas yang dihadapi pelanggan, dengan lebih dari 30 stasiun metro diatur untuk memiliki robot yang membuat kopi untuk penumpang.

Keith Tan, Kepala Eksekutif Crown Digital, yang menciptakan robot barista, mengatakan itu membantu memecahkan "titik rasa sakit terbesar" dalam makanan dan minuman - menemukan staf - sementara juga menciptakan posisi bergaji tinggi untuk membantu mengotomatisasi sektor ini.

Namun, beberapa orang yang mencoba layanan ini masih merindukan interaksi manusia. "Kami selalu ingin memiliki semacam sentuhan manusia," kata komuter Ashish Kumar, sambil menyeruput minuman buatan robot.