SpaceX Kantungi Izin Lingkungan dari FAA untuk Luncurkan Starship dari Boca Chica
Starship milik SpaceX, siap lakukan tes peluncuran. (foto: twitter spacex)

Bagikan:

JAKARTA - Administrasi Penerbangan Federal (FAA) pada Senin menyetujui penilaian lingkungan akhir dari pesawat ruang angkasa SpaceX, Starship, yang diusulkan dan program roket Super Heavy di Boca Chica, Texas setelah memenuhi lebih dari 75 kondisi dan persyaratan.

FAA menerbitkan temuan "Tidak Ada Dampak Signifikan" namun menempatkan beberapa batasan pada peluncuran dan membutuhkan langkah-langkah untuk membatasi dampak lingkungan.

"Satu langkah lebih dekat ke uji penerbangan orbital pertama Starship," tweet SpaceX segera setelah keputusan itu.

FAA mencatat menyelesaikan tinjauan lingkungan tidak menjamin penerbitan lisensi operator kendaraan, yang bergantung pada pemenuhan persyaratan FAA untuk keselamatan, risiko dan tanggung jawab keuangan.

FAA mengatakan sebagai akibat dari persyaratan INI akan ada pemberitahuan peluncuran lebih lanjut untuk mengurangi penutupan jalan raya selama operasi peluncuran.

Peluncuran tidak akan diizinkan pada 18 hari libur yang teridentifikasi, dan dibatasi tidak lebih dari lima akhir pekan per tahun. FAA membutuhkan pemantauan berkelanjutan terhadap vegetasi dan satwa liar; pemberitahuan sebelumnya kepada masyarakat sekitar tentang potensi kebisingan mesin dan ledakan sonik dari peluncuran; dan menyesuaikan pencahayaan di kompleks peluncuran untuk meminimalkan dampak pada satwa liar.

Pendiri SpaceX Elon Musk mengatakan pada Februari bahwa dia "sangat yakin" SpaceX Starship barunya, yang dirancang untuk perjalanan ke bulan dan Mars, akan mencapai orbit Bumi untuk pertama kalinya tahun ini.

Bahkan dalam skenario "kasus terburuk", di mana pernyataan dampak lingkungan penuh diperlukan atau perselisihan hukum atas masalah yang mengancam akan berlarut-larut, Musk mengatakan SpaceX memiliki rencana mundur.

“Perusahaan akan mengalihkan seluruh program Starship ke Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, di mana SpaceX telah menerima persetujuan lingkungan yang dibutuhkannya,” kata Musk.

Reuters melaporkan Senin lalu bahwa NASA ingin SpaceX memastikan rencananya untuk meluncurkan roket Starship generasi berikutnya dari Florida tidak akan membahayakan infrastruktur peluncuran terdekat yang penting bagi Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Tes besar roket berikutnya, tugas kompleks peluncuran ke orbit untuk pertama kalinya, telah ditunda sebagian oleh tinjauan peraturan dampak lingkungan senyawa Texas, yang telah menghalangi FAA untuk memberikan SpaceX lisensi peluncuran orbitalnya.