Ford Tarik 48 Ribu Mustang Mach-E karena Kesalahan pada Baterai Kendaraan
Ford Mustang Mach-E, baterai bermasalah. (foto: MachEclub)

Bagikan:

JAKARTA - Ford mengeluarkan penarikan untuk lebih dari 48.000 crossover listrik Mustang Mach-E. Pembuat mobil asal AS ini menyatakan penarikan ini terpaksa dilakukan karena kekhawatiran bahwa cacat keselamatan dapat membuat kendaraan ini tidak dapat bergerak.

Menurut penarikan tersebut, kerusakan tersebut melibatkan potensi panas berlebih dari kontaktor tegangan tinggi baterai kendaraan. Kesalahan ini dapat menyebabkan kendaraan gagal untuk memulai atau kehilangan daya saat bergerak.

“Kontaktor yang terlalu panas yang terbuka saat mengemudi dapat mengakibatkan hilangnya daya penggerak, yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan,” demikian bunyi pemberitahuan tersebut, yang juga dikutip The Verge.

Ford mengatakan 48.924 kendaraan Mustang Mach-E yang dijual di AS terpengaruh oleh masalah tersebut. Bahkan hampir setengah dari perkiraan 100.000 kendaraan yang diproduksi selama waktu itu. Ini adalah rintangan terbaru yang memengaruhi peluncuran kendaraan listrik untuk pasar massal dari Ford yang telah membantu mendorong pembuat mobil ke posisi kedua dalam penjualan EV di belakang Tesla.

Kendaraan yang terkena dampak termasuk model tahun 2021 dan 2022 dan kendaraan yang dibangun antara 27 Mei 2020, dan 24 Mei 2022, di pabrik pembuat mobil Cuautitlan di Meksiko. Ford juga mengirimkan pemberitahuan ke dealernya, dan memperingatkan mereka untuk tidak mengirimkan Mustang Mach-Es apa pun kepada pelanggan sampai perbaikan perangkat lunak dikeluarkan.

Seorang juru bicara, Said Deep, mengatakan penarikan juga telah diajukan ke Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTAS), meskipun belum diposting di situs web agensi. “Tidak ada investigasi keamanan saat ini yang sedang berlangsung dengan NHTSA,” kata Deep.

Ford mengatakan masalahnya dapat diperbaiki dengan pembaruan perangkat lunak over-the-air, yang akan dikeluarkan "bulan depan." Pemilik Mustang Mach-E juga dapat membawa kendaraan mereka ke dealer Ford atau Lincoln untuk perbaikan perangkat lunak yang lebih cepat.

"Ford belum mengeluarkan instruksi untuk berhenti mengemudikan kendaraan ini di bawah penarikan keselamatan ini," kata Deep.

Penarikan kembali terjadi pada saat yang penting untuk strategi elektrifikasi Ford, dengan truk F-150 Lightning pertama menjangkau pelanggan dalam beberapa minggu terakhir. Perusahaan melaporkan penjualan 6.254 kendaraan listrik pada Mei 2022. Ini adalah peningkatan 222 persen dari tahun ke tahun dan sekitar 4,2 persen dari total volume penjualan Ford. Mustang Mach-E mewakili sebagian besar penjualan Mei itu, atau 5.179 kendaraan.

Ini bukan speed bump pertama dalam sejarah singkat Mustang. Ford tertunda dalam meluncurkan EV pada musim semi 2021 untuk pemeriksaan kualitas ekstra. Pembuat mobil juga telah mengeluarkan beberapa penarikan untuk akselerasi yang tidak diinginkan, sabuk pengaman yang tidak terpasang dengan benar, dan baut subframe yang longgar , di tengah masalah lainnya.