Google Cloud Bergabung dengan <i>Big Tech</i> Lainnya, Gunakan Arm untuk Chip Komputasi
Google Cloud kini gunakan teknologi dari Arm Ltd. (foto: dok. google cloud)

Bagikan:

JAKARTA - Unit Google Cloud dari Alphabet Inc pada Rabu, 13 Juli,  mengumumkan akan mulai mengadopsi chip komputasi berdasarkan teknologi dari Arm Ltd. Ini  menjadikannya perusahaan terbaru yang bergabung dengan transisi yang akan mengambil pangsa pasar dari Intel Corp  dan Advanced Micro Devices (AMD).

Arm, telah lama memasok desain dan kekayaan intelektual lainnya yang menggerakkan chip untuk ponsel pintar dan tablet. . Pada tahun 2018, Arm mulai menawarkan teknologi untuk chip yang digunakan di pusat data, pasar yang selama ini didominasi oleh Intel dan AMD.

Dalam empat tahun sejak itu, teknologi Arm, yang dilisensikan kepada perusahaan lain untuk dijalin menjadi chip yang lengkap, telah muncul di pusat data di seluruh dunia, termasuk di Amazon.com, Microsoft Corp dan Oracle Corp di Amerika Serikat dan Alibaba, Baidu  dan Tencent Holdings Ltd di China.

Perusahaan-perusahaan tersebut membeli chip komputasi dalam jumlah besar dan kemudian menyewakan daya komputasi kepada pengembang perangkat lunak melalui layanan komputasi awan berbayar mereka.

Mereka semua masih menawarkan layanan berbasis chip dari Intel dan AMD. Tetapi dengan Google bergabung dengan jajaran penyedia cloud yang menawarkan chip berbasis Arm, hampir setiap penyedia utama sekarang memiliki setidaknya beberapa penawaran berdasarkan Arm.

Beberapa perusahaan komputasi awan seperti Amazon dan Alibaba sedang merancang chip berbasis Arm mereka sendiri dan membuatnya diproduksi oleh pabrik chip. Beberapa lainnya - termasuk Google - beralih ke Ampere Computing, sebuah perusahaan chip yang didirikan oleh mantan eksekutif Intel yang telah mengajukan dokumen rahasia dengan regulator sekuritas AS untuk penawaran umum perdana.

Google mengatakan pada  Rabu lalu bahwa penawaran barunya akan didasarkan pada chip "Altra" Ampere. Ampere juga menjual chip ke Microsoft dan Oracle, antara lain.