Cara Membuat Podcast di Spotify Biar Auto Banjir Pendengar
Spotify (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mau Anda baru mengenal podcasting atau telah menghosting selama bertahun-tahun, memasukkan podcast Anda di Spotify adalah cara yang bagus untuk mengakses audiens baru, meningkatkan pelanggan, dan berpotensi menghasilkan uang dari episode dan konten baru. Panduan di Spotify untuk podcaster ini akan membantu Anda memahami cara membuat podcast di Spotify untuk menjangkau pendengar baru

Salah satu platform yang dengan cepat menjadi favorit di kalangan podcaster adalah Spotify. Raksasa streaming musik ini sekarang berada di urutan kedua setelah iTunes dalam hal popularitas. Mungkin sulit untuk mengirimkan acara ke program beta Spotify di masa lalu, tetapi mungkin karena permintaan publik yang mendesak, kabar baiknya adalah mereka akhirnya mulai mengakomodasi semua podcast. Jutaan pendengar (termasuk podcaster non-Apple) masuk ke Spotify, jadi itu pasti salah satu direktori podcast yang Anda inginkan. Inilah cara Anda dapat mengunggah podcast Anda ke Spotify dan cara memulai podcast di Spotify:

Cara Membuat Podcast di Spotify

Jika Anda baru mengenal podcasting, dua langkah dasar pertama adalah untuk Anda.

Langkah 1: Siapkan Podcast Anda untuk Diunggah

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat ingin mempelajari cara memulai podcast di Spotify adalah mengembangkan konsep podcast Anda dan memilih format podcast yang sesuai. Selanjutnya adalah melengkapi perlengkapan podcasting Anda, merekam dan mengedit podcast Anda menggunakan perangkat lunak perekaman podcast yang Anda sukai, dan melengkapi detail filenya (termasuk metadata dan foto sampul) sampai yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengunggahnya ke situs hosting podcast.

Sebagai aturan praktis untuk podcaster yang ingin mempromosikan podcast mereka (dan berpotensi menghasilkan uang darinya), Anda harus menyiapkan setidaknya tiga (3) file audio podcast yang dapat Anda publikasikan sekaligus. Ini akan memberi pendengar baru Anda lebih banyak kesempatan untuk mengenal Anda dan acara Anda, sehingga mendorong unduhan dan langganan podcast untuk acara Anda.

Langkah 2: Pilih Perusahaan Hosting Podcast

Setelah podcast Anda siap untuk diunggah, langkah selanjutnya adalah memutuskan di mana Anda ingin podcast Anda dihosting. Ada banyak layanan hosting podcast yang banyak digunakan seperti Libsyn, Buzzsprout, Blubrry, dan PodBean.

Cara terbaik untuk memutuskan mana yang cocok untuk Anda adalah dengan melakukan penelitian lebih lanjut tentang mereka dan apa yang mereka tawarkan, terutama karena tidak semuanya gratis. Namun, Anda mungkin ingin memikirkan kebutuhan jangka panjang Anda (seperti kapasitas penyimpanan dan kegunaan) sebelum memutuskan opsi yang paling murah.

Selain itu, sebagian besar aplikasi/situs seperti Spotify sebenarnya tidak menyimpan file podcast. Tuan rumah melakukannya, dan mereka akan membiarkan Anda memberi tahu beberapa pemutar podcast hanya dengan beberapa klik.

Langkah 3: Kirim Podcast Anda Melalui Host Anda

Alih-alih mengirimkan umpan RSS Anda ke Spotify seperti yang biasanya Anda lakukan dengan direktori lain, mereka sekarang memungkinkan Anda untuk menambahkan podcast ke Spotify melalui host pilihan Anda. Bagaimana nyaman, kan? Sekarang inilah cara Anda melakukannya tergantung pada platform podcast Anda:

Langkah 4: Tunggu Persetujuan

Spotify tidak akan menghubungi Anda tentang status pengiriman podcast Anda, tetapi host Anda mungkin. Jika tidak, Anda bisa menunggu 2-5 hari agar acara Anda disetujui atau cari podcast Anda di Spotify hingga muncul. Anda pasti ingin mengalahkan pendengar Anda sehingga Anda dapat memastikan bahwa detailnya persis seperti yang Anda inginkan di aplikasi.

Langkah 5: Bagikan Tautan Spotify Anda

Salah satu cara agar Anda dapat memaksimalkan kehadiran acara Anda di Spotify adalah dengan membantunya mendapatkan pendengar. Ambil tautan langsung ke podcast Anda (dari halaman desktop Spotify atau aplikasi seluler) dan bagikan dengan teman, keluarga, atau pengikut Anda melalui halaman media sosial Anda. Jadikan ini sebagai latihan rutin untuk setiap acara yang Anda terbitkan dan dapatkan manfaat memiliki audiens yang lebih luas.

Jadi itulah cara membuat podcast di Spotify, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!