Belum Dirilis, Survei Menyatakan 26 Persen Pengemudi Ingin Beli Mobil <i>Self-Driving</i> Apple
Mobil slef-driving Apple sudah diminati banyak orang. (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Mobil self-driving dari Apple hingga kini belum terwujud. Namun konsumen yang meminatinya sudah muncul karena survei baru mengungkapkan bahwa 26 persen pengemudi akan 'pasti mempertimbangkan' untuk membeli kendaraan dari pembuat iPhone ini.

Perusahaan konsultan Strategic Vision mensurvei 200.000 pemilik mobil baru dan untuk pertama kalinya menambahkan Apple ke lebih dari 45 merek yang dapat dijadikan tempat berbagi pandangan oleh konsumen.

Hanya Toyota dan Honda yang mendapat peringkat lebih tinggi pada pertanyaan pertimbangan merek ini, pada angka 38 persen dan 32 persen. Sementara Tesla hanya mendapatkan 20 persen. Selain itu, ketika ditanya tentang kesan kualitas, 24 persen pemilik mobil memberi nilai tinggi kepada Apple, padahal mobilnya sendiri belum ada.

Mark Gurman dari Bloomberg juga telah melaporkan bahwa Apple ingin memproduksi mobil listrik otonom yang siap di pasaran pada tahun 2025. Akan tetapi jalan menuju jenis teknologi ini dipenuhi dengan banyak upaya yang gagal atau telah ditinggalkan.

Raksasa teknologi ini bungkam dan belum banyak bicara mengenai proyek mobil tersebut. “Kita akan melihat apa yang Apple lakukan. Kami menyelidiki banyak hal secara internal. Banyak dari mereka tidak pernah melihat cahaya siang hari,” kata CEO Apple, Tim Cook kepada New York Times tahun lalu.

Namun, perusahaan baru-baru ini mengungkapkan bahwa mereka telah mempekerjakan Gregory Baratoff, yang sebelumnya bekerja di Hyundai, sebagai VP lab kendaraan otonomnya. Ia juga akan mengawasi pengembangan sensor kamera di Continental Corporation di Jerman.

Menurut laporan Bloomberg, setiap mobil Apple nanti akan mendapat manfaat dari meningkatnya keinginan konsumen akan kemampuan teknologi yang lebih banyak di kendaraan mereka dan perusahaan dapat menyiarkan penawaran kontennya di layar mana pun di dalam mobil.

Upaya perusahaan yang berbasis di Cupertino, California untuk mengembangkan mobil  yang dijuluki Project Titan dan berasal dari tahun 2014, dengan teknologi yang otonom, ramping dan penuh dengan lonceng dan peluit yang diharapkan dari setiap produk Apple, telah mendapati rintangan selama bertahun-tahun.

Menurut laporan dari The Information yang didasarkan pada percakapan dengan 20 karyawan perusahaan, Wakil Presiden Senior Rekayasa Perangkat Lunak Apple Craig Federighi 'sangat skeptis' terhadap proyek tersebut. Ia bahkan telah menyuarakan keprihatinannya kepada eksekutif senior lainnya di Apple.

Project Titan beberapa kali dipimpin oleh Ian Goodfellow, Bob Mansfield, Doug Field dan Kevin Lynch.

Awal tahun ini, salah satu kendaraan uji Apple hampir menabrak pelari saat bergerak dengan kecepatan sekitar 15 mil per jam.

Informasi melaporkan bahwa perangkat lunak mobil pada awalnya mengidentifikasi pelari sebagai 'objek diam' sebelum mengkategorikannya kembali sebagai 'orang yang tidak bergerak' dan akhirnya sebagai 'pejalan kaki yang bergerak.' Namun, bahkan dengan perubahan itu, mobil 'hanya sedikit menyesuaikan jalurnya'.

Mantan chief design officer Apple, Jony Ive, yang memainkan peran penting dalam merancang sebagian besar produk perusahaan yang paling populer, dilaporkan berkonsultasi dengan raksasa teknologi dan telah memberi tahu tim Apple Car untuk 'bersandar pada keanehan' desainnya dan 'tidak mencoba sembunyikan sensornya.'

Menurut laporan The Information,  tampilan mobil Apple saat ini menampilkan  mobil empat kursi yang menghadap ke dalam sehingga penumpang dapat berbicara satu sama lain dan langit-langit melengkung yang mirip dengan atap Volkswagen Beetle.

Desainer Apple Car tampaknya sedang bereksperimen dengan kompartemen bagasi yang secara otomatis naik dan turun untuk memberi pemilik 'akses yang lebih mudah ke ruang penyimpanan.'

Mereka juga telah mempertimbangkan desain yang memungkinkan penumpang untuk 'berbaring dan tidur di dalam kendaraan.

Tim Apple Car membuat beberapa video demo ramping untuk Cook dan pemimpin tingkat tinggi lainnya  termasuk perjalanan 40 mil melalui Montana yang difilmkan oleh drone, untuk menunjukkan kemajuan proyek mereka.

Namun, contoh tersebut juga menunjukkan bagaimana para insinyur 'membuang-buang waktu yang berharga untuk demonstrasi koreografi' di sepanjang rute, yang membuktikan bahwa teknologi tersebut bekerja di tempat-tempat tertentu tetapi hampir tidak bisa di tempat lain.

"Jika Anda menghabiskan cukup uang, Anda bisa mendapatkan hampir semua rute tetap untuk bekerja," kata mantan insinyur kendaraan swakemudi Uber, Arun Venkatadri, kepada The Information. “Tetapi apa yang tidak ditampilkan adalah apakah Anda dapat membangun perangkat lunak self-driving Anda dengan cara yang terukur dan apakah Anda dapat beroperasi di area yang cukup luas.”

Apple sendiri dilaporkan masih menargetkan 2025 untuk potensi peluncuran kendaraan self-driving-nya.