Suara Darth Vader di Star Wars dari  Aktor James Earl Jones Kini Mulai Digantikan Suara AI
Aktor James Earl Jones pengisi suara ikonik untuk Darth Vader. (foto: twitter @jamesearljones )

Bagikan:

JAKARTA – Aktor James Earl Jones telah menjadi pengisi suara ikonik untuk Darth Vader sejak awal Star Wars dimulai. Namun  pada usia 91 tahun, tampaknya dia sudah siap untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Menurut laporan dari Vanity Fair, Jones menandatangani hak atas karya suara arsipnya, yang memungkinkan startup asal Ukraina, Respeecher, untuk memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence dan menciptakan kembali suaranya di Obi-Wan Kenobi Disney Plus.

Untuk melakukan ini, Respeecher menggunakan potongan suara untuk "mengkloning" suara sang aktor, yang memungkinkan studio merekam baris baru tanpa kehadiran aktor.

Matthew Wood, editor suara pengawas Skywalker Sound, mengatakan kepada Vanity Fair bahwa dia memberi Jones opsi begitu dia "menyebutkan bahwa dia sedang mempertimbangkan untuk mengurangi" perannya sebagai  Darth Vader.

Setelah Jones memberikan izin kepada Lucasfilm untuk menggunakan suara yang dihasilkan AI, Vanity Fair mengatakan bahwa studio tersebut menugaskan Respeecher untuk membuat Vader terdengar seperti "penjahat dari 45 tahun yang lalu" milik Jones di Obi-Wan Kenobi Disney Plus.

Inilah sebabnya mengapa Anda mungkin memperhatikan bahwa Vader terdengar sangat mirip dengan yang dia lakukan di film-film sebelumnya di Obi-Wan, berbeda dengan suara Jones yang sebenarnya di The Rise of Skywalker tahun 2019, yang sudah menua. Meskipun studio menggunakan AI untuk suara Vader, Wood mengatakan Jones mengambil peran sebagai "ayah baptis yang baik hati," dan masih membantu memandu penggambaran penjahat itu di studio.

Ini juga bukan pertama kalinya Respeecher bekerja dengan Lucasfilms. Startup ini juga menghasilkan suara untuk Luke Skywalker versi lebih muda di Disney Plus 'The Mandalorian dan The Book of Boba Fett.

Dalam siaran pers, Respeecher menjelaskan bahwa mereka menggunakan klip dari "siaran radio, wawancara, ADR, dan dub tahun-tahun awal" saat Mark Hamill untuk menciptakan kembali suara Skywalker secara digital.

Alat sintesis ucapan AI lainnya seperti Voicemod, Veritone, Descript, dan Resemble AI juga telah muncul sebagai cara potensial bagi selebritas dan kreator untuk membuat ulang suara mereka secara digital.”