Elon Musk Berencana Beli Twitter Lagi, Harga Dogecoin (DOGE) Naik!
Harga Dogecoin naik setelah Elon Musk umumkan beli Twitter lagi. (Foto; Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Bos Tesla, Elon Musk, dilaporkan kembali berniat membeli Twitter. Musk mengajukan penawaran untuk saham Twitter  seharga 54,20 dolar AS per lembar. Penawaran tersebut dimaksudkan untuk membeli perusahaan media sosial berlogo burung biru. Setelah mengumumkan rencana tersebut, harga saham TWTR meroket 12 persen.

Sebelumnya, Musk telah membahas penambahan fitur Twitter di mana pengguna dapat membayar layanan premium Twitter Blue dengan menggunakan mata uang kripto Dogecoin (DOGE). Namun kesepakatan tersebut gagal, karena masalah akun bot yang mendominasi platform Twitter.

Bloomberg melaporkan bahwa persidangan yang dijadwalkan pada 17 Oktober, di mana dewan Twitter menggugat Musk karena menarik diri dari kesepakatan awal, mungkin tidak akan  berlangsung. Dewan Twitter berusaha untuk memaksa penjualan tersebut lewat jalur hukum, dan kasus pengadilan akan meneliti penggunaan bot di Twitter di arena publik.

Harga DOGE Naik

Saat berita tersebut mencuat ke publik, harga DOGE naik 8 persen dari harga Rp920 ke harga Rp997 dolar AS per koin, berdasarkan data Coingecko. Dogecoin sempat menorehkan harga tertinggi sepanjang masanya (ATH) pada Rp10.338 per DOGE pada 8 Mei 2021.

Sebelumnya, Elon Musk terpaksa menghadapi gugatan 258 miliar dolar AS karena ia dituding melakukan pump DOGE. Meski begitu, Musk memang dikenal sebagai pendukung Dogecoin. Karenanya, setiap kali bos Tesla mencuitkan DOGE, koin tersebut merespon dengan kenaikan volume dan harga dalam jangka pendek.

Namun, pada bulan Juni tahun 2022, Musk membantah tuduhan tersebut. Dia mengakui kepada publik untuk memberikan dukungannya terhadap Dogecoin secara pribadi.

“Saya berniat untuk mendukung Dogecoin secara pribadi karena saya hanya tahu banyak orang yang tidak sekaya itu yang telah mendorong saya untuk membeli dan mendukung Dogecoin. Jadi saya menanggapi orang-orang itu,” kata Musk, dikutip dari CryptoSlate.

Referensi publik terakhir untuk Dogecoin oleh Musk adalah pada bulan September ketika dia mempromosikan peluit yang terinspirasi dari Cybertuck yang hanya dapat dibeli melalui situs web Tesla menggunakan DOGE. Peluit itu tersedia seharga 1.000 DOGE dan saat ini sudah habis. Musk juga sempat mengumumkan bahwa merchandise Tesla dapat dibeli dengan DOGE pada bulan Mei.

Saat ini Musk kembali melakukan penawaran pembelian Twitter untuk yang kedua kalinya. Komunitas DOGE menanti-nantikan kesepakatan tersebut. Pasalnya, bos Tesla berencana menambahkan fitur pembayaran DOGE dalam platform Twitter. Jika pembelian terjadi, ini berpotensi memberikan angin segar terhadap harga DOGE itu sendiri.