Redefine Meat, Perusahaan Daging Nabati dari Israel Cetak  Potongan Daging Steak dengan Printer 3D, Cocok untuk Vegetarian
Daging nabati dari Redefine Meat, sangat mirip daging asli karena dicetak dengan pri9nter 3D. (foto: instagram @redefinemeat)

Bagikan:

JAKARTA - Redefine Meat, perusahaan makanan olahan asal  Israel, mengumumkan pada Kamis, 13 Oktober, bahwa mereka telah menjalin kemitraan dengan importir Giraudi Meats. Kerja sama ini  untuk mendorong distribusi produk terbaru mereka ke Eropa. Produk ini adalah “New Metas” (daging baru) yakni potongan steak dari produk nabati yang diproduksi dengan printer 3D,

Start-up, yang mengumpulkan 170 juta dolar AS dalam putaran pembiayaan seri A tahun ini, mengoperasikan pencetak daging skala besar di kantor pusat mereka di Rehovot, di selatan Tel Aviv, dan pabrik baru di Belanda. Mereka berharap untuk membangun produknya sebagai alternatif untuk daging yang selama ini diproduksi secara konvensional.

Kehebohan awal tentang alternatif daging nabati, yang dipandang lebih baik untuk hewan dan lingkungan, telah surut karena kekhawatiran inflasi dan resesi membuat beberapa konsumen kembali ke produk daging hewan yang lebih murah. Namun kekurangan staf telah memukul rantai makanan cepat saji, yang menjadi saluran penjualan penting bagi roti burger nabati.

Beyond Meat  yang berbasis di AS juga telah memangkas prospek penjualannya, meskipun raksasa makanan Nestle, yang kurang terekspos dalam bisnis restoran cepat saji, mengatakan minat konsumen untuk alternatif daging nabati saat ini masih kuat.

Redefine Meat, yang membuat produk daging nabati dari bahan-bahan seperti protein kedelai, kacang polong, buncis, bit, ragi nutrisi dan lemak kelapa, memiliki rencana ambisius.

"Produk kami adalah daging, memiliki atribut yang sama, hanya diproduksi dengan cara yang berbeda," kata Co-founder dan Chief Executive, Eshchar Ben-Shitrit kepada Reuters. Ia menambahkan bahwa kapasitas produksi akan mencapai lebih dari 15 ton per hari tahun ini.

"Fakta bahwa produk kami sekarang dijual oleh Giraudi Meats, pihak yang sama yang menjual daging berkualitas tinggi, menunjukkan bahwa mereka tidak mengkompromikan produk vegan," katanya.

Ben-Shitrit mengatakan Redefine Meat meluncurkan steak tenderloin dan striploin dan adopsi mereka oleh koki di restoran mahal telah membuktikan kualitasnya.

Dengan bantuan Giraudi, mereka akan meluncurkan produknya di restoran dan toko daging di Prancis bulan ini, kemudian di Italia, Yunani dan Swedia akhir tahun ini. Bahkan di puluhan negara lainnya tahun depan.

New Meats, menurut Ben-Shitrit, saat ini tersedia di Israel, Inggris, Belanda, dan Jerman serta di hampir 1.000 restoran yang saat ini membayar sekitar 40 dolar AS per kilo untuk potongan steak Redefine Meat.