Interpol Persiapkan Antisipasi Kejahatan Baru di Dunia Metaverse
Madan Oberoi, direktur eksekutif Interpol untuk teknologi dan inovasi, (foto: twitter @mmoberoi)

Bagikan:

JAKARTA - Badan kepolisian dunia, Interpol, menyatakan sedang mempersiapkan risiko bahwa lingkungan imersif online seperti "metaverse" , dapat menciptakan jenis kejahatan dunia maya baru dan memungkinkan kejahatan yang ada terjadi dalam skala yang lebih besar.

Madan Oberoi, direktur eksekutif Interpol untuk teknologi dan inovasi,  negara-negara anggota Interpol telah menyuarakan keprihatinan tentang bagaimana mempersiapkan kemungkinan kejahatan metaverse.

"Beberapa kejahatan mungkin baru di media ini, beberapa kejahatan yang ada akan diaktifkan oleh media dan dibawa ke tingkat yang baru," kata Oberoi, kepada Reuters.

“Phishing dan penipuan dapat beroperasi secara berbeda ketika augmented reality dan virtual reality terlibat,” kata Oberoi. “Masalah keselamatan anak juga menjadi perhatian.”

Bahkan realitas virtual juga dapat memfasilitasi kejahatan di dunia fisik. "Jika kelompok teror ingin menyerang ruang fisik, mereka dapat menggunakan ruang ini untuk merencanakan dan mensimulasikan dan meluncurkan latihan mereka sebelum menyerang," katanya.

Awal bulan ini, badan penegak hukum Uni Eropa, Europol, mengatakan dalam sebuah laporan bahwa kelompok teror mungkin, di masa depan, bisa menggunakan dunia maya untuk propaganda, perekrutan dan pelatihan. “Pengguna juga dapat membuat dunia virtual dengan aturan ekstremis," kata laporan itu.

“Jika lingkungan metaverse merekam interaksi pengguna di blockchain, ini memungkinkan untuk mengikuti semua yang dilakukan seseorang berdasarkan satu interaksi dengan mereka, memberikan informasi berharga untuk penguntit atau pemeras," kata Europol.

Metaverse menjadi kata kunci teknologi pada tahun 2021, ketika perusahaan dan investor bertaruh bahwa lingkungan dunia virtual akan semakin populer dan menandai tahap baru dalam pengembangan internet. Facebook telah mengubah namanya menjadi Meta pada Oktober 2021 untuk menandai pergeserannya ke arah ide ini.

Namun sejauh ini, visi ini menunjukkan sedikit tanda-tanda terwujud. Nilai saham Meta jatuh pada Kamis lalu karena investor menyuarakan skeptisisme tentang pengeluaran untuk taruhan metaverse. Penjualan aset berbasis blockchain yang mewakili tanah virtual dan kepemilikan digital lainnya juga telah turun tajam setelah periode pertumbuhan ingar-bingar tahun lalu.