Edward Snowden Sebut Craig Wright yang Mengaku Sebagai Pencipta Bitcoin, Telah Melakukan Penipuan
Edward Snowden bongkar Satoshi Nakamoto palsu. (Foto; Dok. CryptoPotato)

Bagikan:

JAKARTA – Mantan konsultan intelijen komputer yang membocorkan informasi yang sangat rahasia dari Badan Keamanan Nasional (NSA) pada tahun 2013, Edward Snowden, baru-baru ini mengomentari ilmuwan komputer yang mengaku sebagai pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto. Menurutnya, Craig Wright telah melakukan penipuan.

Whistleblower terkenal Edward Snowden melawan balik pencipta Bitcoin gadungan Craig Wright pada Senin, setelah yang terakhir menuduh Snowden sebagai pengkhianat. Snowden memaparkan bahwa Wright telah melakukan penipuan, dan berbohong tentang identitasnya sebagai pencipta Bitcoin.

Perseteruan dimulai dengan Snowden menerbitkan salinan whitepaper Bitcoin di Twitter, untuk merayakan ulang tahun ke-14 dokumen tersebut. Snowden menambahkan bahwa penciptanya tetap anonim setelah sekian lama, yang menurutnya "luar biasa."

Craig Wright menanggapi komentar ini beberapa menit kemudian, mengklaim bahwa "dia" tidak pernah anonim, sambil menyebut Snowden sebagai "sampah pengkhianat."

Snowden membalas sekitar satu jam kemudian, membahas kekalahan perseteruan hukum Wright dari Bitcoiner populer "Hodlonaut" di Twitter. Kasus tersebut, yang ditutup awal bulan ini, menegaskan bahwa karakterisasi Hodlonaut tentang Wright sebagai "penipu" dan "penipuan" tidak memenuhi syarat sebagai pencemaran nama baik, karena mereka memiliki "dasar faktual yang cukup" untuk mengklaim hal tersebut.

“Itulah intinya, saudara. Ingat dua minggu yang lalu ketika pengadilan menegaskan bahwa @hodlonaut menyebut Anda "penipu yang menyedihkan," "ngeri," "jelas sakit jiwa," dan (berulang kali) "penipuan" adalah A-OK? Dan memerintahkan Anda untuk membayar seperti $ 348.257? lmao selamat datang di hukum,” kata Snowden (@Snowden), 31 Oktober 2022.

Selanjutnya, Snowden menyebut Wright tidak konsisten dengan mengklaim Satoshi Nakamoto “tidak pernah anonim.” Dia menampilkan catatan sebelumnya dari ilmuwan komputer di mana Wright mengklaim telah menghabiskan waktu bertahun-tahun dalam "anonimitas dan persembunyian" sebagai Satoshi.

“Bung bahkan tidak bisa melakukan penipuan dengan benar. Hanya (melakukan tindakan yang) memalukan,” ujar Snowden.

Klaim Wright Gugur

Sebelumnya, terkait perseteruan hukum Wright dengan Hodlnaut pada Oktober lalu. Bitcoin Magazine melaporkan sejumlah media mainstream seperti The Guardian, BBC, Gizmodo, dan GQ Magazine meragukan klaim Wright.

"Pendapat yang berlaku di media (termasuk Gizmodo, 11 Desember 2015, BBC News, 2 Mei 2016, The Guardian, 3 Mei 2016, dan GQ Magazine, 18 November 2016) telah dan sedang terjadi, bahwa Wright tidak mungkin menjadi Satoshi Nakamoto,” bunyi transkrip tersebut.

Namun, opini media yang berlaku kemungkinan besar bukan faktor penentu dalam melihat klaim Wright sebagai pendiri Bitcoin. Meskipun demikian, opini media dan faktor-faktor lain memang membantu penentuan pengadilan mengenai apakah komentar Hodlonaut melanggar hukum atau tidak.

"Dengan latar belakang ini, pengadilan percaya bahwa (Hodlonaut) memiliki dasar faktual yang cukup untuk mengklaim bahwa Craig Wright bukan Satoshi Nakamoto pada Maret 2019," bunyi transkrip tersebut. "Wright telah mengeluarkan klaim kontroversial, dan harus menahan kritik dari para pembangkang."