Tunggangi Falcon 9, SpaceX Dragon Meluncur ke ISS Bawa Es Krim untuk Astronot
Kapsul Kargo Dragon SpaceX Menunggangi Falcon 9 untuk ke ISS (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Belum lama ini SpaceX meluncurkan roket Falcon 9 dan kapsul kargo Dragon dalam misi yang dijuluki

CRS-26 untuk mengirimkan susunan surya baru, suguhan Thanksgiving yang terlambat, CubeSat, dan berbagai eksperimen ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Dragon meluncur pada Sabtu minggu lalu dari landasan pad 39A Kennedy Space Center (KSC), Florida, Amerika Serikat (AS) pada pukul 14:20:43 EST, dan tiba di ISS pada Minggu pukul 7:30 EST.

Diketahui, misi lepas landas ini didukung oleh penguat tahap pertama Falcon 9 yang baru dengan nomor B1076 di armada SpaceX yang ditembakkan selama dua setengah menit untuk mendorong Dragon ke atmosfer atas.

Dalam misi ini, semuanya serba baru, di mana kapsul Dragon itu sendiri juga merupakan kendaraan baru dengan nomor seri C211. Ini merupakan Dragon ketiga dan terakhir yang direncanakan dalam armada pesawat ruang angkasa Dragon generasi baru SpaceX.

Setelah berlabuh pada Minggu, astronot di ISS membongkar muatan di dalam kompartemen bertekanan di kapsul Dragon. Apa saja isinya? Simak di bawah ini, dikutip dari laman resmi NASA, Senin, 28 November.

Moon Microscope

Adalah kit yang mencakup mikroskop genggam portabel dan perangkat pewarnaan sampel darah mandiri kecil untuk diagnosis medis dalam penerbangan. Dengan alat ini, astronot dapat menggunakan darah mereka untuk memperoleh gambar dengan mikroskop, dan mengirimkan gambar ke Bumi. Nantinya, ahli bedah penerbangan akan menggunakannya untuk mendiagnosis penyakit dan meresepkan pengobatan.

Kit tersebut dapat memberikan kemampuan diagnostik untuk anggota kru di luar angkasa atau di permukaan Bulan dan Mars, serta kemampuan untuk menguji kontaminasi pada air, makanan, dan permukaan. Perangkat keras juga itu dapat mengaktifkan pemantauan medis untuk misi Artemis yang akan datang.

Menambah Tenaga Surya

Ruang kargo belakang Dragon juga menampung dua panel surya atau Roll-Out Solar Arrays (iROSA) untuk dipasang di luar ISS. Ini akan memberikan peningkatan daya sebesar 20 persen hingga 30 persen untuk penelitian dan operasi stasiun ruang angkasa.

Dua panel surya itu masing-masing memiliki berat lebih dari satu ton. Dua astronot akan melakukan perjalanan ruang angkasa untuk membantu penyebaran susunan surya baru.

Tomat Kecil

Sumber makanan bergizi yang berkelanjutan sangat penting untuk misi eksplorasi jangka panjang, dan makanan khas astronot yang dikemas sebelumnya mungkin perlu dilengkapi dengan makanan segar yang diproduksi di luar angkasa. Para peneliti telah menguji unit pertumbuhan tanaman di stasiun yang dikenal sebagai Veggie dan berhasil menumbuhkan berbagai sayuran hijau. Veg-05, langkah selanjutnya dalam pekerjaan itu, berfokus pada menanam tomat kerdil.

Satelit Mungil CubeSat

Kapsul Dragon juga membawa delapan CubeSat kecil untuk misi yang dijalankan NASA, Badan Antariksa Canada, dan perusahaan di Italia dan Taiwan. CubeSats akan dipindahkan oleh kru stasiun ruang angkasa ke airlock Jepang untuk dilepaskan ke orbit rendah Bumi dengan penyebar Nanoracks.

Eksperimen Membuat Bentuk Tak Biaa

Misi tersebut juga membawa percobaan demo teknologi yang disebut Ekstrusi, ini akan menguji bagaimana resin cair dalam gayaberat mikro dapat membuat bentuk yang tidak mungkin dibuat di Bumi, karena pengaruh gravitasi.

“Kemampuan untuk menggunakan bentuk-bentuk ini dapat memungkinkan konstruksi struktur di ruang angkasa seperti stasiun ruang angkasa, susunan surya, dan peralatan,” kata NASA.

Bahan Makanan untuk Eksperimen

Para astronot juga dibekali yogurt, susu fermentasi, dan minuman berbasis ragi, di mana mereka akan melihat bagaimana bahan makanan ini dapat digunakan untuk menghasilkan nutrisi guna menjaga kesehatan kru dalam misi luar angkasa jangka panjang.

Makanan untuk Perayaan Thanksgiving

Astronot juga mendapatkan kiriman makanan berupa es krim, kacang hijau pedas, makanan penutup cranapple, pai labu almond, dan permen jagung untuk pesta Thanksgiving yang terlambat.

Lainnya

Misi ini juga mengangkut peralatan olahraga, pakaian, perangkat keras pendukung kehidupan, unit sistem navigasi inersia dan GPS terintegrasi baru ke pos penelitian ISS seberat 450 ton.

Terkait