Gary Gensler Bisa Sebabkan Pasar Kripto Jatuh 50 Persen Lagi, Kata Pengacara XRP John Deaton
Ketua SEC, Gary Gensler. (Foto; Dok. Digital Coin Buzz)

Bagikan:

JAKARTA – Salah satu pengacara dan pendukung XRP, John Deaton, membagikan pandangannya terkait sikap dan tindakan ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), Gary Gensler. Menurut Deaton, Gensler berpotensi menyebabkan kejatuhan pasar kripto 50 persen lagi.

Melansir DailyHodl, Deaton sempat menyatakan pendapatnya di Twitter bahwa dia pertama kali berargumen enam bulan lalu, menilai Gensler mungkin menuntut pertukaran kripto terkemuka.

"Saya bahkan lebih percaya hari ini karena itu bisa menyebabkan 50% crash lagi. Kemudian petahana mengambil bagian yang lebih besar," ujar Deaton.

Deaton mengatakan Gensler telah datang setelah kripto selama dua tahun, menunjuk pada fakta bahwa SEC hampir dua kali lipat ukuran Aset Kripto Divisi Penegakan dan Unit Cyber di bawah kepemimpinannya.

Deaton mengklaim SEC adalah kreditur terbesar kedua platform peminjaman kripto BlockFi yang bangkrut, meskipun pengajuan kebangkrutan sebenarnya menunjukkan regulator adalah kreditor terbesar keempat BlockFi. SEC memiliki klaim tanpa jaminan 30 juta dolar AS terhadap perusahaan peminjaman kripto tersebut.

"Fakta itu saja berbicara banyak tentang niat. Tanyakan pada diri Anda sendiri persyaratan pendaftaran apa yang diterapkan dengan penyelesaian BlockFi senilai  100 juta dolar AS? Bagaimana hal itu meningkatkan praktik industri?," ujar Deaton.

Pengacara telah memainkan peran aktif dalam gugatan SEC yang sedang berlangsung terhadap perusahaan pembayaran cross-border yang berbasis di San Francisco, Ripple. Deaton telah mengajukan amicus brief atas nama pendukung XRP yang menentang mosi regulator untuk penilaian ringkasan dalam kasus itu.

Informasi tambahan, SEC telah menggugat Ripple pada akhir 2020. Regulator AS itu menuding Ripple melakukan penjualan sekuritas yang tidak terdaftar. SEC juga menilai bahwa XRP adalah sekuritas.

Sementara Ripple membantah tudingan tersebut dan membongkar kongkalikong yang terjadi di antara pejabat SEC dengan perusahaan kripto lain. Pada 2018, pejabat SEC William Hinman sempat menyatakan dalam pidatonya bahwa ETH bukan sekuritas.