Google Luncurkan Fitur Baru di Docs yang Mudahkan Pengguna Memformat Kode
Google mulai meluncurkan fitur untuk Smart Canvas baru di Docs, (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Google mulai meluncurkan fitur untuk Smart Canvas baru di Docs, yakni blok kode. Kolaborator dapat dengan mudah memformat dan menampilkan kode di Docs dengan fitur anyar tersebut.

Fitur blok kode itu akan secara otomatis menambahkan spasi dan kode warna yang tepat untuk berbagai bahasa pemrograman, seperti Python, C/C++, dan Javascript.

Sebelum fitur ini hadir, saat bekerja di Google Docs, kolaborator yang ingin mempresentasikan kode harus menempelkannya di dokumen dan kemudian menerapkan gaya secara manual dengan menyorot syntax.

Sekarang, fitur baru ini memberi pengguna kemampuan untuk memvisualisasikan kode dengan standar industri, membuat kode dapat dibaca dan kolaborasi menjadi lebih mudah.

Fitur blok kode juga memiliki bagian berbeda dari kode yang ditampilkan dalam warna berbeda membuatnya lebih mudah dibaca jika ada lebih dari satu atau dua baris. Fitur baru tersebut tidak memiliki kontrol admin.

Untuk memformat dan menampilkan kode di Docs, masuk ke Insert klik Building Blocks pilih Code Block dan kemudian memilih bahasa yang relevan. Kolaborator juga dapat mengetik "@aset proyek" ke dalam dokumen untuk membuka menu, mirip dengan cara memanggil pemilih emoji.

Fitur ini mungkin memerlukan beberapa saat untuk diluncurkan. Google mengatakan dalam unggahan blognya yang dikutip The Verge, Jumat, 16 Desember, beberapa orang bahkan mungkin belum memiliki fitur blok kode itu hingga 18 Januari, tergantung pada pengaturan Workspace mereka.

Diklaim, fitur blok kode ini hanya akan tersedia untuk orang-orang dengan tingkat langganan tertentu. Fitur tersebut tersedia untuk Google Workspace Business Standard, Business Plus, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Education Standard, pelanggan Education Plus, dan Nonprofit

Tidak tersedia untuk Google Workspace Essentials, Business Starter, Enterprise Essentials, Education Fundamentals, Teaching and Learning Upgrade, Frontline, atau pelanggan G Suite Basic, Business customers dan untuk pengguna dengan Akun Google pribadi. Fitur ini sepertinya paling berguna untuk perusahaan besar.