Google Luncurkan Mode Lanskap untuk Pengguna TikTok di Tablet
TikTok tengah mendapat perhatian dari Google. (foto: dok 9to5Google)

Bagikan:

JAKARTA - TikTok sepertinya tengah mendapat perhatian dari Google, di mana perusahaan telah merilis antarmuka (UI) baru yang dilengkapi mode lanskap untuk pengguna media sosial itu pada tablet mereka.

Tidak hanya TikTok, Google juga dikabarkan mempromosikan aplikasi pihak ketiga dengan UI yang dioptimalkan untuk tablet.

Terlihat pada Play Store, Google menyoroti mode lanskap TikTok untuk tablet di sebuah spanduk. Spanduk itu dilengkapi dengan tulisan "Balikkan tablet Anda untuk TikTok", tetapi juga berfungsi pada ponsel cerdas yang dapat dilipat seperti jajaran Galaxy Z Fold.

Dalam video promosi, memperlihatkan tab Following dan For You menempati setengah layar, sementara bagian komentar ada di sebelah kanan yang cukup terlihat besar, tetapi dapat diminimalkan dengan mengklik tanda panah kanan.

Pertama kali dilaporkan 9to5Google, dikutip Selasa, 17 Januari, mode baru ini memiliki rel navigasi di sisi kiri layar, menampilkan empat tab, yakni Home, Friends, Inbox, dan Profile.

Perlu dicatat, Samsung-lah yang pada awalnya bermitra dengan TikTok untuk mengembangkan mode ini dan pertama kali memulai debutnya di seri Galaxy Z Fold.

Google telah merilis versi yang dioptimalkan untuk tablet dari beberapa aplikasinya, termasuk Google Discover, Google Keep, Google One dan YouTube.

Lebih banyak pengembang aplikasi pihak ketiga diharapkan bisa menghadirkan desain yang lebih baru untuk aplikasi mereka agar dapat menggunakan layar lebar dengan lebih baik pada ponsel dan tablet yang dapat dilipat.