Elon Musk Bakal Jadikan Twitter Ladang Cuan Konten Kreator, Mirip Youtube!
Ilustrasi Foto Twitter Blue / dok. Twitter

Bagikan:

JAKARTA - Chief Executive Officer (CEO) Twitter Elon Musk ingin membuat situs microblogging-nya menjadi seperti YouTube. Ini akan menjadi sumber cuan yang menjanjikan untuk para konten kreatornya.

Musk ingin Twitter mulai berbagi pendapatan iklan dengan konten kreator yang berada di media sosialnya, dengan mengatakan, "Mulai hari ini, Twitter akan berbagi pendapatan iklan dengan kreator untuk iklan yang muncul di utas balasan mereka," tweet Musk dalam akun Twitter resminya @elonmusk.

Artinya, jika kreator memiliki iklan yang muncul di balasan tweet, perusahaan akan berbagi potongan pendapatan yang dihasilkan dari iklan tersebut dengan mereka.

Ditambahkan Musk, agar kreator mendapatkan bayaran, mereka harus berlangganan Twitter Blue, layanan langganan berbayar perusahaan dengan segudang fitur premium, tetapi yang utama adalah lencana verifikasi yang didambakan semua orang.

"Agar memenuhi syarat, akun tersebut harus menjadi pelanggan Twitter Blue Verified," jelas Musk.

Twitter Blue saat ini dikenai biaya 8 dolar AS setara Rp120 ribuan per bulan jika mendaftar melalui situs web perusahaan, tetapi harga tersebut naik menjadi 11 dolar AS setara Rp166 ribuan per bulan jika pengguna mendaftar melalui aplikasi iOS atau Android.

Twitter mengambil potongan yang diambil Apple dan Google untuk pembelian yang dilakukan melalui App Store dan Play Store, serta meneruskannya ke pelanggan mereka.

Tentu saja, ini adalah kabar baik bagi konten kreator di Twitter, namun, tidak jelas berapa banyak uang yang sebenarnya dapat diharapkan mereka.

Sebab melansir BGR, Sabtu, 4 Februari, Musk belum mengatakan pemotongan seperti apa yang ingin dibagikan perusahaan dengan konten kreator atas pendapatan iklan.

Terlebih, tidak diketahui pasti berapa banyak pendapatan iklan saat ini masuk ke Twitter, karena perusahaan telah ditinggalkan para pengiklannya sejak diakuisisi oleh Musk tahun lalu, dan sekarang mereka tengah berjuang untuk memenangkan banyak pengiklan.

Belum lama ini, perusahaan menawarkan iklan gratis kepada beberapa mitra periklanan. Sebelumnya, Perusahaan juga telah memperkenalkan beberapa fitur dalam beberapa tahun terakhir untuk membantu konten kreator mendapatkan uang, termasuk Super Follows, Ticketed Spaces dan dasbor monetisasi khusus.