Meta Merilis Laporan Upaya Integritas dan Transparansi Konten
Laporan triwulan tahun 2022 Meta (foto: Meta)

Bagikan:

JAKARTA - Meta merilis laporan triwulan keempat tahun 2022, dengan memberikan pembaruan tentang berbagai upaya integritas, termasuk menghapus konten yang melanggar, mengatasi ancaman musuh, memberikan transparansi pada konten, dan meringkas pekerjaan Dewan Pengawas.

Laporan Ancaman Musuh

Dalam laporan ancaman ini, Meta mengatakan bahwa mereka telah menonaktifkan tiga jaringan, yang dinilai melanggar kebijakan perusahaan terhadap perilaku tidak autentik terkoordinasi (CIB) dan pelaporan massal (atau pelaporan kasar terkoordinasi). 

Laporan Penegakan Standar Komunitas

Pada kuartal keempat ini, Meta terus membuat kemajuan dalam menghapus konten yang melanggar Standar Komunitasnya dengan prevalensi yang relatif konsisten di berbagai area pelanggaran. 

Meta juga telah memperbarui sistem AI nya dengan menggabungkan beberapa model, sehingga dapat meningkatkan atau menyesuaikan teknologi deteksi proaktif, dalam banyak hal, mengarah pada peningkatan akurasi.  

Pembaruan Kuartal Dewan Pengawas

Dewan Pengawas adalah sumber berharga dari perspektif eksternal dan akuntabilitas untuk Meta yang dapat diajukan orang jika mereka tidak setuju dengan keputusan penegakan konten di Facebook dan Instagram. 

Hingga saat ini, semua aspek yang diimplementasikan ke semua platform Meta, semuanya berdasarkan pada keputusan Dewan Pengawas. Hingga saat ini, Meta telah mengimplementasikan atau mengeksplorasi 78% dari rekomendasi Dewan Pengawasnya. 

Selama dua tahun terakhir Meta mengaku bahwa Dewan Pengawas telah memberi perusahaan umpan balik yang berharga tentang kebijakan dan proses di platformnya yang telah membawa perubahan nyata. 

Berkat umpan balik dari Dewan Pengawas juga, Meta membagikan lebih banyak detail tentang langkah-langkah perusahaan untuk memperbarui sistem penalti Facebook. 

Di bawah sistem baru, Meta akan berfokus untuk membantu orang-orang memahami alasan mereka menghapus suatu konten, yang terbukti lebih efektif dalam mencegah pelanggaran berulang, daripada membatasi kemampuan pengguna untuk memposting dengan cepat. 

"Kami masih menghapus konten yang melanggar seperti yang kami lakukan sebelumnya, tetapi sekarang kami juga memberikan kesempatan kepada orang-orang untuk mengubah perilaku mereka sambil tetap menerapkan hukuman yang lebih berat untuk pelanggaran yang lebih berat," jelas Meta. 

Adapun konten tersebut mencakup konten terorisme, eksploitasi anak, perdagangan manusia, bunuh diri serius promosi, eksploitasi seksual, penjualan obat-obatan non-medis, atau promosi individu dan organisasi berbahaya.