Mastercard Gandeng Immersive untuk Pembayaran Kripto Langsung dari Wallet
Mastercard hadirkan layanan pembayaran dengan kripto. (Foto; Dok. CryptoABC)

Bagikan:

JAKARTA - Mastercard, raksasa layanan keuangan, dan perusahaan teknologi web3, Immersve, berkolaborasi untuk memperkenalkan opsi pembayaran baru dengan menggunakan aset kripto.

Solusi pembayaran ini akan memungkinkan konsumen di Selandia Baru dan Australia untuk melakukan pembelian fisik, digital, dan metaverse menggunakan mata uang digital secara langsung dari dompet web3 mereka, dengan dukungan dari pedagang yang bermitra dengan Mastercard.

Dalam sistem ini, pengguna tetap mengendalikan penuh aset kripto mereka karena tidak ada pihak ketiga yang menahan dana mereka sebagai jaminan. Pelanggan dapat terus mengelola aset mereka sampai mereka melakukan pembelian.

Circle, perusahaan yang menerbitkan Stablecoin USD Coin (USDC), akan digunakan untuk semua pembelian. Aset kripto yang dipatok dalam dolar akan dikonversi ke mata uang fiat dan diselesaikan di jaringan Mastercard selama transaksi.

Immersve mengatakan bahwa mereka akan mengandalkan layanan identitas Mastercard dan solusi CipherTrace untuk menangani Know Your Customer (KYC) dan Anti-Money Laundering (AML), deteksi penipuan online, dan analisis blockchain.

Sandeep Malhotra, Wakil Presiden Eksekutif Mastercard untuk Produk & Inovasi, Asia Pasifik, menyatakan bahwa Mastercard tetap berkomitmen untuk bermitra dengan organisasi yang memiliki visi yang sama seperti Immersve dalam meningkatkan dan mengamankan ekosistem blockchain. Ini ditujukan supaya transaksi mata uang digital yang sederhana dan aman, serta pembayaran di dunia maya, dapat dengan mudah diakses oleh miliaran konsumen.

Sebelumnya, pada tahun lalu, kepala kripto dan blockchain Mastercard, Raj Dhamodharan, mengatakan bahwa perusahaan pembayaran raksasa ini bekerja untuk membuka potensi penuh dari aset digital.

Pada Januari, Mastercard juga bermitra dengan bursa kripto Binance untuk meluncurkan Binance Card di Brasil, yang memungkinkan pengguna melakukan pembelian dan membayar tagihan menggunakan kripto.

Kolaborasi antara Mastercard dan Immersve ini menunjukkan bahwa perusahaan keuangan tradisional semakin tertarik pada teknologi blockchain dan aset kripto. Hal ini juga menandakan bahwa pembayaran dengan kripto semakin mendapat pengakuan dan dianggap sebagai pilihan pembayaran yang layak bagi konsumen.