Mengenal TikTok Series Beserta Harga Aksesnya, Bisa Jadi Ladang Cuan
Ilustrasi TikTok (foto: Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Platform video pendek besutan Bytedance, TikTok baru saja memperkenalkann fitur TikTok Series di Indonesia. Fitur ini dapat dimanfaatkan oleh content creator untuk mendapatkan cuan di platform ini. Bagi Anda yang ingin mengenal TikTok Series lebih dalam, baca terus artikel berikut ini.

Mengenal TikTok Series

TikTok Series adalah fitur baru TikTok yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah konten-konten premium berbayar. Pengguna lain yang ingin menikmati konten-konten tersebut diwajibkan untuk membeli akses.

Fitur Series memberikan kesempatan kepada konten kreator untuk membagikan TikTik Stories, talenta, serta kreatifitas mereka sebagai konten premium. Konten-konten tersebut nantinya akan terhubung dengan komunitas TikTok.

"Kami memperkenalkan Series, sebuah cara baru bagi para kreator untuk berbagi cerita, bakat, dan kreativitas mereka sebagai konten premium sekaligus memperdalam hubungan mereka dengan komunitas TikTok," kata TikTok di laman TikTok Newsroom, dikutip Jumat, 10 Maret 2023.

Satu “Series” koleksi dapat memuat 80 video dengan durasi maksimal 20 menit per video. Lewat fitur ini, TikTok memberikan pengalaman baru kepada konten kreator untuk membuat video dengan durasi yang lebih panjang.

TikTok menekankan kehadiran fitur Series tetap dibarengi dengan kepastian keamanan untuk penggunanya. Oleh sebab itu, konten yang diunggah harus tetap mengikuti pedoman komunitas TikTok.

Harga Akses Konten TikTok Series

Soal harga akses, TikTok memberikan kesempatan pada konten kreator untuk menentukan harga konten premium mereka. Harga tersebut mulai dari 0,99 dolar As (sekitar Rp15 ribu) hingga 189,99 dolar AS (Rp2,9 juta).

"Kreator dapat memilih berapa harga Series mereka yang paling mencerminkan nilai konten eksklusif mereka, yang dapat dibeli untuk akses melalui tautan langsung dalam video atau melalui profil kreator," ujar TikTok.

Menariknya, cuan yang didapat kreator dari konten eksklusif tidak akan dipotong oleh TikTok.

Seorang juru bicara TikTok menuturkan bahwa konten kreator akan menerima 100 persen penghasilan mereka untuk sementara. Dengan demikian, pengguna bisa mendapatkan penghasilan murni dari TikTok Series.

Sampai saat ini, belum ada informasi soal kapan TikTok akan memotong pendapatan konten kreator yang menggunakan fitur Series.

Kendati demikian, tidak semua kreator bisa menggunakan fitur ini. Pasalnya, fitur TikTok Series baru tersedia bagi kreator terpiih saja. TikTok menyebut kreator lain akan mendapatkan fitur ini dalam beberapa bulan mendatang.

Menyadur laman Mashable, sebelum fitur Series diperkenalkan TikTok, konten kreator hanya menghasilkan sekitar 0,02 dolar AS (Rp300) hingga Rp0,04 dolar AS (Rp600) untuk setiap 1.000 views dari TikTok Creator Fund.

Artinya, mayoritas kreator penuh waktu di TikTok mendapatkan penghasilan utama dari sumber lain, seperti mempromosikan produk, podcasting, menjual template Notion, dan pekerjaan lainnya.

Oleh sebab itu, kehadiran fitur TikTok Series dapat menjadi ladang cuan baru bagi konten kreator.

"Fitur Series masuk ke dalam beragam solusi monetisasi kami seiring dengan usaha kami untuk terus membangun cara baru bagi para kreator agar dihargai dan dinilai," ucap TikTok.

Platform media sosial besutan Bytedance ini menambahkan, karena fitur TikTok Series masih tergolong baru, mereka masih menerima feedback dari para konten kreator.

Demikian informasi tentang fitur TikTok Series yang baru saja diperkenalkan di Indonesia. Semoga informasi ini dapat membuat pembaca setia VOI.ID mengenal TikTok Series lebih dalam.