Kaspersky Ungkap Tips Melindungi Perusahaan dari Ancaman di <i>Darknet</i>
Cara melindungi perusahaan dari ancaman di darknet (foto: Kaspersky)

Bagikan:

JAKARTA - Kaspersky menemukan fakta bahwa ternyata penjahat dunia maya juga turut mengkhawatirkan keamanan sibernya di darknet atau web gelap. 

Penelitian tersebut juga menyatakan bahwa lebih dari satu juta pesan di darknet menyertakan Escrow sebagai perantara dalam  melakukan penutupan transaksi apa pun, seperti membeli database, akun, akses awal perusahaan, dan lain sebagainya. 

Meski demikian, tidak ada layanan Escrow yang kebal dari kecurangan. Baik penjual maupun pembeli, serta agen Escrow, dapat melanggar pengaturan kesepakatan, terutama jika menyangkut jumlah yang besar.

Karena komunitas web gelap menjadi lebih kompleks dan terstruktur, mengembangkan sistem pengaturan mandiri sering diterapkan seiring pertumbuhannya. Untuk perlindungan yang efektif terhadap penjahat dunia maya, perlu dipahami bagaimana cara kerja, interaksi para pelaku kejahatan siber, kesepakatan yang terjadi, hingga pelaksanaannya. 

Agar perusahaan tetap terlindungi dari ancaman yang muncul melalui aktivitas darknet, peneliti Kaspersky merekomendasikan untuk menerapkan langkah-langkah berikut:

Pertama, Kaspersky menyarankan untuk selalu memperbarui software pada semua perangkat yang digunakan untuk mencegah penyerang menyusup ke jaringan dengan mengeksploitasi kerentanan. 

Tidak lupa juga untuk menginstall tambalan untuk kerentanan baru sesegera mungkin. Karena, setelah tambalan diunduh, penyerang tidak dapat lagi memanfaatkan kerentanan yang ada.

Kedua, gunakan informasi Intelijen Ancaman terbaru untuk tetap mengetahui TTP terkini yang digunakan oleh pelaku ancaman. Ini akan membantu para analis keamanan menjelajahi pandangan musuh tentang sumber daya perusahaan mereka, secepatnya menemukan vektor serangan potensial, atau mengetahui akan ancaman yang mungkin diluncurkan penjahat dunia maya sehingga perusahaan dapat menyesuaikan pertahanan mereka dan mengambil tindakan balasan serta eliminasi tepat waktu.

Terakhir, jika Anda menghadapi suatu insiden, layanan Kaspersky Incident Response akan membantu untuk merespons dan meminimalkan risiko, khususnya mengidentifikasi node yang disusupi dan melindungi infrastruktur dari serangan serupa di masa mendatang.