Pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto, Ulang Tahun ke-48: Spekulasi Identitas Terus Berlanjut
Satoshi Nakamoto, genap berusia 48 tahun, pada 5 April 2023. (foto: twitter @LuganoPlanB)

Bagikan:

JAKARTA - Pada 5 April, sang legendaris pembuat Bitcoin, Satoshi Nakamoto, genap berusia 48 tahun. Ini terungkap menurut informasi yang diberikan kepada jaringan global P2P Foundation saat pendaftaran.

Meskipun identitas pencipta Bitcoin dan ulang tahunnya tetap tidak diketahui oleh publik, penggemar kripto mencatat saat usia Satoshi bertambah satu tahun di profil P2P Foundation-nya - menunjukkan ulang tahun pada 5 April 1975.

Pengguna kripto telah menyarankan bahwa tanggal ini - karena Satoshi mungkin mewakili sekelompok orang daripada individu - mungkin berasal dari hari pada 1933 ketika Presiden Amerika Serikat Franklin Delano Roosevelt mulai mengeluarkan negara dari standar emas, mengeluarkan perintah eksekutif agar semua warga negara AS mengembalikan koin dan sertifikat emas senilai lebih dari 100 dolar AS ke Federal Reserve.

Menebak identitas sebenarnya dari orang atau orang yang membantu menciptakan mata uang kripto asli telah menjadi hobi populer di antara banyak pengguna di media sosial dan forum online. Di antara nama-nama yang diusulkan adalah ilmuwan komputer dan pencipta Bit Gold Nick Szabo, kontributor BTC awal Hal Finney - yang meninggal pada 2014 - kriptografer Adam Back, dan insinyur dan fisikawan keturunan Jepang-Amerika Dorian Nakamoto.

Meskipun wajah Satoshi tetap tidak diketahui, anggota ruang kripto terus menghormati mereka dengan menggunakan gambar mereka dengan cara lain. Pencipta Bitcoin yang diukir dari perunggu dipajang untuk pengunjung Graphisoft Park di Budapest pada tahun 2021, dan banyak orang menominasikan Satoshi sebagai penerima Nobel Memorial Prize in Economic Sciences setiap tahun.

Tanggal penting lain bagi penggemar BTC termasuk publikasi white paper Bitcoin pada 31 Oktober 2008, serta Bitcoin Genesis Day pada 3 Januari 2009, menandai waktu Satoshi menambang blok BTC pertama yang mengarah pada pengeluaran koin pertama. Masih banyak lagi yang akan datang: pengurangan setengah BTC berikutnya diharapkan pada 2024 bersamaan dengan penambangan koin ke-21 juta.

Pada saat publikasi, harga Bitcoin adalah 28.296 dolar AS (Rp423,5 juta), naik lebih dari 26% dalam 30 hari terakhir.