SpaceX Tunda Peluncuran Uji Coba Roket Starship Super Heavy Hingga Akhir April
Peluncuran Starship Super Heavy kemungkinan besar akan dilakukan akhir bulan ini. (foto: twitter @spacex)

Bagikan:

JAKARTA - Peluncuran uji coba kunci roket SpaceX Starship Super Heavy kemungkinan besar akan dilakukan akhir bulan ini daripada minggu ini, kata CEO perusahaan antariksa Elon Musk pada Senin, 10 April.

SpaceX memandang Starship sebagai sistem transportasi yang sepenuhnya dapat digunakan ulang untuk membawa astronot dan kargo ke orbit Bumi, bulan, Mars, dan lebih jauh lagi. Roket ini dijadwalkan akan lepas landas dari fasilitas Starbase SpaceX di Boca Chica, Texas Selatan, dalam peluncuran pertama sistem roket Starship setinggi 394 kaki (120 meter) yang sepenuhnya terpasang. Terpasang sepenuhnya berarti semua bagian terpasang, dengan tahap atas duduk di atas penguat.

"Starship launch trending towards near the end of third week of April," tulis Musk di Twitter sehari setelah menyatakan bahwa roket siap diluncurkan dan "menunggu persetujuan regulasi."

Pemberitahuan perencanaan yang diposting oleh Federal Aviation Administration (FAA) pada 4 April menyatakan bahwa tanggal peluncuran utama dijadwalkan pada  Senin, tetapi mencantumkan tanggal cadangan pada Selasa dan Rabu pekan ini. Musk mengatakan pekan lalu bahwa Starship akan siap untuk diluncurkan pekan ini.

FAA pada Senin mengeluarkan pemberitahuan revisi yang mengatakan bahwa peluncuran dapat dilakukan pada tanggal 17 April.

SpaceX masih harus mendapatkan lisensi peluncuran dari FAA untuk apa yang diharapkan menjadi uji coba penerbangan orbital pertamanya dari Boca Chica. Satu hambatan kunci yang masih ada adalah penyelesaian tinjauan kepatuhan lingkungan federal.

Sistem roket Starship terdiri dari roket Starship yang duduk di atas penguat tahap pertama "Super Heavy" dengan 33 mesin roket. Rencananya adalah untuk meluncurkan tahap kedua Starship di luar angkasa, di mana ia akan menyelesaikan orbit penuh Bumi sebelum kembali memasuki atmosfer dan jatuh di lepas pantai Hawaii. Rencananya juga adalah untuk mendaratkan penguat Super Heavy di Texas dekat lokasi peluncuran.