Lebih dari Setengah Masyarakat Indonesia Tidak Pernah Mengganti Password Akun Mereka
Pentingnya mengganti password secara berkala (foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Meskipun sudah menggunakan anti-virus atau solusi keamanan canggih lainnya, tidak ada yang bisa menjamin 100 persen keamanan data pribadi Anda sendiri ketika menjelajahi internet. 

Meski demikian, banyak pakar keamanan yang menyarankan untuk mengganti password akun secara berkala, sebagai salah satu cara mencegah penyusup atau hacker mencuri data pribadi Anda. 

Tapi sayangnya, masih banyak orang utamanya masyarakat Indonesia yang masih mengabaikan pentingnya penggantian password secara berkala. 

Fakta ini dibuktikan oleh hasil survei Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) yang mengungkapkan bahwa lebih dari setengah (66.82 persen) pengguna internet di Indonesia belum pernah mengganti password mereka. 

Selain itu, 10.44 persen penduduk Indonesia yang menggunakan internet mengaku mengganti password mereka setidaknya satu kali dalam satu tahun. 7,52 persen lainnya mengganti password satu dalam enam bulan. 

Di sisi lain, masyarakat Indonesia yang mengganti password akunnya satu kali setiap bulan ada sebanyak 5.97 persen, mengganti password sekali setiap tiga bulan sebanyak 5.62 persen, dan 3.64 persen lainnya mengaku mengganti password setiap dua bulan sekali. 

Lebih lanjut, sebanyak 32,71 persen masyarakat mengaku jika mereka sering mengubah password maka mereka akan sering lupa. Sedangkan 31,04 persen lainnya mengatakan tidak ada niat untuk mengubah password. 

Tragisnya, survei tersebut juga menemukan bahwa ada sebanyak 18,68 persen masyarakat Indonesia mengaku bahwa mengubah password itu tidak penting, dan 17,57 persen mengaku tidak tahu cara mengubahnya.