LG Innotek Kenalkan Modul Kunci Mobil Digital
Digital Car Key Module. (Sumber: LG Innotek via Koreatimes)

Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan teknologi asal Korea Selatan LG Innotek, mengenalkan modul kunci mobil digital yang diklaim lima kali lebih akurat daripada yang ada saat ini. 

Teknologi ini diklaim memudahkan pengemudi untuk menemukan lokasi kendaraan yang diparkir, membuka dan mengunci pintu, hingga menyalakan mesin mobil dengan menggunakan smartphone, melansir Koreatimes.

Modul kunci digital ini bekerja dengan cari dipasang di dalam kendaraan, kemudian terhubungan dengan perangkat seluler smartphone pemilik kendaraan, dengan menggunakan transmisi data nirkabel berteknologi ultra-wideband (UWB).

"Rentang kesalahan modul antara lokasi smartphone dan lokasi pengenalan telah dikurangi dari 50 sentimeter menjadi di bawah 10 sentimeter," kata Kepala Divisi Bisnis Komponen Otomotif dan Elektronik LG Innotek Ryu In-soo dalam pernyataannya.

smart car
Ilustrasi. (Luca Bravo/Unsplash)

Karena permintaan untuk berbagi kendaraan dan layanan persewaan telah meningkat baru-baru ini, pasar untuk kunci mobil digital berada pada lintasan pertumbuhan yang meningkat.

Peneliti pasar dari Strategy Analytics mengatakan, jumlah kendaraan di seluruh dunia yang menggunakan kunci digital diperkirakan akan meningkat 360 persen dari 6,3 juta pada 2020 menjadi 28,9 juta pada 2025.

Modul kunci mobil digital yang ada dilaporkan memiliki tingkat akurasi yang lebih rendah dalam hal deteksi lokasi, serta ada juga masalah keamanan karena rentan terhadap peretasan.

"Modul kunci mobil digital LG kompak dan ramping. Modul tersebut berisi sekitar 60 komponen, termasuk elemen frekuensi radio dan pemblokiran daya. Dengan ukurannya yang ringkas, modul ini dapat dipasang secara bebas di mana saja di dalam dan di luar kendaraan," kata LG.

LG Innotek berharap, modul kunci mobil digital ini bisa digunakan dalam aplikasi yang lebih luas, untuk mendukung layanan mobilitas yang terus berkembang pesat.