WhatsApp Luncurkan Fitur Transfer Obrolan Hanya dengan Kode QR
Image Credit: dok. WhatsApp

Bagikan:

JAKARTA - WhatsApp akhirnya meluncurkan fitur untuk mempermudah transfer riwayat obrolan dari ponsel lama ke ponsel baru hanya dengan menggunakan metode berbasis kode QR.

Pengguna yang bermigrasi ke ponsel lain dengan sistem operasi yang sama, akan dapat mentransfer data WhatsApp menggunakan koneksi Wi-Fi lokal.

"Sekarang Anda dapat mentransfer riwayat obrolan lengkap Anda dengan mulus, cepat, dan aman di sistem operasi yang sama tanpa harus meninggalkan aplikasi," tweet WhatsApp.

Menurut WhatsApp, metode ini lebih aman daripada solusi pihak ketiga karena data dienkripsi dan hanya dibagikan antara dua perangkat melalui jaringan lokal pengguna.

Sebelum fitur itu hadir, WhatsApp mengandalkan cadangan cloud untuk memfasilitasi transfer data antar perangkat yang menjalankan sistem operasi yang sama.

Untuk mentransfer riwayat obrolan, pastikan kedua perangkat dihidupkan dan terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama, lalu ikuti langkah berikut ini:

1. Buka WhatsApp di perangkat lama dan buka Pengaturan klik Obrolan pilih Transfer obrolan.

2. Setelah menyelesaikan langkah ini, Anda akan melihat kode QR.

3. Kemudian, pindai kode QR dari ponsel baru untuk menyelesaikan proses transfer dan tunggu hingga selesai.

Melansir TechCrunch, Sabtu, 1 Juli, tidak hanya fitur transfer riwayat obrolan, WhatsApp juga menawarkan fungsionalitas multi-perangkat di mana pengguna bisa menyinkronkan pesan di berbagai perangkat menggunakan satu nomor telepon.